Situs blog
Seluruh universitas mulai menghadirkan pembelajaran jarak jauh. Tak terkecuali universitas telekomunikasi Indonesia. Yuk cari tahu apa itu PJJ Telkom university?.
Ingin kuliah tapi terkendala masalah waktu dan biaya?. Tenang, sekarang ini seluruh universitas mulai menghadirkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Salah satu penyedia layanan tersebut adalah universitas telkom. Yuk cari tahu apa itu PJJ Telkom University?.
Sekilas Tentang Pembelajaran Jarak Jauh
Melansir dari situs wikipedia.org, pengertian pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang dilakukan dalam tempat terpisah.
Metode seperti ini bukanlah hal baru. Pada tahun 1892, Universitas Chicago di Amerika Serikat telah lebih dulu menerapkannya untuk pembelajaran jarak jauh di perguruan tinggi.
Dan pada tahun 1996, John Bourne menciptakan terobosan terbaru bernama teknologi Asychronous Learning Network Web. Inilah awal mula munculnya sistem pembelajaran jarak jauh berbasis internet yang Anda kenal sekarang ini. Pembahasan berikutnya mengenai apa itu PJJ Telkom University?.
Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Universitas Telkom
Pembelajaran jarak jauh di universitas Telkom menggunakan teknologi berbasis Moodle yang dapat diakses melalui Learning Management Sytem atau LMS. Terdapat dua aspek penting dalam sistem belajarnya, yaitu Asychronous (belajar mandiri) dan Sychronous (bertatap muka secara virtual).
Semuanya sudah tertuang lengkap dalam LMS. Termasuk fitur-fitur pendukung untuk pembagian materi, absensi, dan ujian. Waktunya juga sangat fleksibel dan bisa diakses kapan saja. Hanya terdapat dua jurusan yang menggunakan sistem online learning, yaitu S1 Informatika dan S2 Manajemen.
Pendidikan S1 Informatika
Jurusan S1 informatika Telkom University menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh 100% full online. Studi tatap muka dan daring dilakukan secara terpisah. Meski begitu, kurikulum dan pencapaian belajar mahasiswanya tetap sama. Syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa sebagai berikut.
Lulusan SMA/SMK dari jurusan IPA atau rumpun teknik.
Fresh graduate atau para pekerja.
Tidak ada batasan usia dan angkatan tahun kelulusan.
Baca Juga : Begini..! Cara Daftar Akun CeLOE Telkom University
Pendidikan Magister Manajemen
Sama seperti jurusan informatika, magister manajemen juga full online learning. Tatap muka dan pembelajaran daringnya pun tetap terpisah dengan menggunakan kurikulum serta pencapaian belajar yang tidak jauh berbeda. Ruang lingkup wilayah pusat pembelajaran jarak jauh magister manajemen meliputi Surabaya, Jakarta, dan Timor Leste. Untuk syarat calon pendaftar ada di bawah ini.
Lulusan D4 atau S1.
Seorang karyawan atau pengusaha.
Pendaftar tidak dibatasi usia dan angkatan kelulusan.
Sekian pembahasan mengenai apa itu PJJ Telkom University. Semoga dua jurusan tadi dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.
Baca Juga : Ketahui Fungsi LMS Telkom University Dalam Dunia Pendidikan
Akun CeLOE bagi mahasiswa telkom menjadi sangat penting, karena melalui akun CeLOE mahasiswa dapat mengakses banyak aplikasi yang terintegerasi dengan sistem. Untuk cara daftar CeLOE, simak informasi berikut!
CeLOE adalah sistem yang digambarkan sebagai bentuk pemanfaatan dan pelaksanaan belajar melalui e-learning secara baik dan terstruktur dalam bingkai Telkom University sebagai kampus yang berbasis digital. Pemanfaatan sistem yang dimaksud adalah e-learning yang diciptakan untuk mendukung adanya pembelajaran regular (e-Supported Learning) dan e-Learning sebagai bagian penting dari pembelajaran reguler (Blended Learning).
Dalam kuran waktu ini, Pengembangan Pembelajaran (BPP) dari Telkom University sudah mengkonfirmasi sebuah trobosan program digital yang akan menjadi hasil dari pada perkembangan Revolusi Industri 4.0. Program digital ini adalah sebuah sistem e-Learning and Open Education Center (CeLOE) dengan fungsi agar mahasiswa dapat mengakses semua aplikasi yang teritegrasi dengan CaLOE. Jadi para mahasiswa Telkom University harus daftar akun CeLOE untuk dapat memanfaatkan fungsi – fungsi tersebut.
Baca Juga : Informasi Terlengkap Tentang Apa itu PJJ Telkom University?
Cara Daftar Akun CeLOE
Berikut adalah cara untuk daftar akun CeLOE dengan mudah dna cepat.
1. Langkah yang pertama yaitu ketikkan akun email Anda
2. Ketik nama lengkap milik Anda
3. Setelah Anda menuliskan nama lengkap, maka Anda akan kembali diminta untuk menuliskan nama publik
4. Setelah itu masukan password email yang sudah Anda masukkan diawal, dan jangan lupa pastikan password terisi dengan benar
5. Konfirmasi password yang sudah Anda masukkan sebelumnya
6. setelah password, Anda harus mengisi dari mana kota Anda berasal.
7. Setelah memasukkan kota asal, Anda akan diminta untuk memasukkan gender atau jenis kelamin Anda. Pilihannya tentu laki – laki dan perempuan, pilihlah salah satu
8. Kemudian isilah tanggal berapa, bulan apa, dan tahun berapa Anda dilahirkan.
9. Langkah terakhir yaitu Anda disuruh untuk masukkan nomor telepon aktif. Nomor telepon ini nantinya akan menjadi sarana komunikasi antara pihak Telkom University dan juga Anda sendiri apabila terjadi kesalahan atau kejanggalan pada akun CeLOE milik Anda, jadi pastikan Anda mengecek lagi apakah nomor telepon yang Anda masukkan sudah benar.
10. Checklist pada kolom yang disediakan.
Setelah melakukan checklist maka proses daftar akun CeLOE sudah selesai. Apabila Anda mengikuti dengan benar, maka semuanya akan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.Baca Juga : Helpdesk Telkom University
Setiap Universitas pasti memiliki staff sendiri yang memegang bidangnya masing – masing. Ada banyak helpdesk Telkom University yang memudahkan mahasiswa dalam permasalahannya. Ingin tau? Yuk simak!
Kita ketahui bahwa kampus selalu menyediakan helpdesk Telkom University sebagai bentuk layanan khusus bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan atau meminta permohonan sesuatu kepada kampus agar berjalan dengan mudah dan waktu yang singkat. Melalui helpdesk inilah mahasiswa dapat meminta informasi kepada kampus tanpa harus bertatap muka secara langsung.
Macam – Macam Helpdesk Telkom University
Berikut, adalah helpdesk yang ada di Telkom University;
1. Helpdesk Layanan BSLA
Helpdesk Telkom University Bagian Standard dan Layanan Akademik adalah helpdesk yang bertugas untuk memberikan informasi kepada mahasiswa terkait bidang akademik, proses wisuda mahasiswa, legalisir surat atau berkas, dan registrasi mahasiswa
Kontak WA: 08212666844
Alamat email: baa@telkomuniversity.ac.id
2. Helpdesk Layanan Akdemik Fakultas
Helpdesk ini hadir di setiap fakultas di Telkom University. Sehingga helpdesk ini khusus untuk memberikan informasi kepada mahasiswa di fakultas tertentu terkait perubahan pada data pribadi milik mahasiswa, nilai mahasiswa, registrasi, terkait proses wisuda, proses perkuliahan, TA/PA, dan juga surat keterangan mahasiswa.
Baca Juga : Cara Register Akun CeLOE Telkom University
3. Helpdesk Keuangan
Tentu dari namanya saja pasti sudah jelas apabila helpdesk ini memegang fungsi pada bagian finansial. Helpdesk Telkom University ini memberikan informasi kepada mahasiswa terkait pembayaran, tagihan, dan tata cara pembayaran tagihan.
Kontak WA: 081221424646
Alamat email: finance@telkomuniversity.ac.id
4. Heldesk CeLOE
Helpdesk Tekom University ini memberikan informasi kepada mahasiswa tentang e-learning pembelajaran yaitu LMS.
Khusus Mahasiswa;
Kontak WA: 082116663563
Alamat email: infocoloe@telkomuniversity.ac.id
5. Helpdesk Kemahasiswaan
Helpdesk ini khusus sebagai bimbingan konselin bagi para mahasiswa. Informasi yang disediakan dari helpdesk ini adalah informasi beasiswa, TAK, terkait asrama, PKKMB, dan SKPI.
6. Helpdesk Open Library
Helpdesk ini menyediakan informasi terkait perpustakaan, yaitu peminjaman buku dan jurnal.
7. Helpdesk CDC
Informasi terkait job vacancy
8. Helpdesk SMB
Informasi terkait pendaftaran maba
9. Helpdesk Pusat Bahasa
Informasi terkait tes bahasa
10. Helpdesk Logistik
11. Helpdesk Toss
Permintaan surat tanda mahasiswa aktif, surat dispensasi, dll.
Itu adalah Helpdesk Telkom University, tentu tugas dari helpdesk ini yaitu meringankan para mahasiswa. Karena setiap pengajuan dan pertanyaan bisa diajukan melalui helpdesk.
Baca Juga : Begini..! Cara Daftar Akun CeLOE Telkom University
Ingin mendaftar pendidikan tinggi di Telkom University? Bingung bagaimana melakukan pendaftarannya? Yuk simak penjelasan pada artikel dibawah ini!
Telkom University merupakan salah satu dari perguruan tinggi swasta ternama yang ada di Kota Bandung dan telah mampu menarik banyak calon mahasiswa baik dari Kota Kembang itu sendiri maupun kota - kota lain di sekitar kawasan tersebut. Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar tentu perlu membeli PIN pendaftaran seharga Rp400.000 dan dapat memilih hingga kursus yang ingin mereka ikuti.
Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai mahasiswa di Universitas Telekomunikasi melalui jalur ini selain login akun smb Telkom University.
1. Lulusan IPA, IPS, Perguruan Tinggi Teknik atau Perguruan Tinggi Non Teknik yang lulus pada tahun 2021 atau 2022
2. Memiliki nilai sertifikat 70 atau lebih untuk semester 1 sampai 4 (nilai yang digunakan secara spesifik adalah nilai pengetahuan)
3. Melakukan pembelian PIN Pendaftaran
4. Tidak ada buta warna khusus dalam program gelar:
- D3 Teknologi Telekomunikasi
- S1 Teknik Elektro
- S1 teknologi komunikasi
- S1 Desain Komunikasi Visual (DKV)
waS1 Craft (desain busana dan tekstil)
- S1 Desain Interior
- Inovasi dan manajemen produk S1 atau desain produk S1
- S1 Seni Rupa atau S1 Seni Rupa
Baca Juga : Biaya Pendidikan Online Universitas Telkom
Cara Login Akun SMB Telkom University
1. Kunjungi website http://smb.telkomuniversity.ac.id/porsimaba untuk login akun SMB Telkom University
2. Daftarkanlah diri dengan memasukan email milik Anda, Pihak dari SMB Telkom University nantinya akan mengirimkan email aktivasi pada akun email Anda
3. Email aktivasi yang Anda terima username dan password, kemudian klik Url yang juga sudah diberikan untuk dapat mengaktifkan Akun Anda
4. Kembali lakukan login menggunakan username dan password yang sudah dikirimkan ke akun Anda
5. Isi Biodata yang tertera secara lengkap dan benar
6. Pilihlah Jalur Seleksi dan Kategori dari Pin yang sudah tertera
7. Lakukan pembayaran ke Bank Mandiri dengan kode 10052 atau Bank BNI dengan kode 9074
8. Kode Aktivasi untuk mengaktifkan Nomor Peserta Anda akan dikirimakn
9. Kemudian lakukan aktivasi untuk dapat melanjutkan proses ketika pendaftaran.
10. Pilih Program Studi yang menjadi minat Anda
11. Proses Pendaftaran atau login smb Telkom University selesai jika Anda sudah mencetak Kartu Tanda Peserta. (Lewati Langkah 6 dan 7 untuk PIN Offline)
Demikian cara login akun SMB Telkom University. Mudah bukan?
Baca Juga : Cara Register Akun CeLOE Telkom University
Biaya kuliah online learning Telkom University sangat terjangkau oleh banyak pihak. Selain itu, waktu juga lebih fleksibel.
Telkom University selama pandemi juga mengadakan kelas PJJ atau pembelajaran jarak jauh. Di kelas pembelajaran jarak jauh ini sendiri ada banyak sekali kemudahan, bahkan dibidang finansial yaitu biaya kuliah online learning Telkom University yang tentunya sangat terjangkau untuk siswa.
Ada beberapa macam jenis biaya untuk melakukan studi online Telkom University yang wajib dibayarkan oleh para siswa yang ingin melakukan pembelajaran di Universitas ini. Seperti biaya untuk syarat pendaftaran, biaya untuk pembanguan, sumbangan, hingga biaya sekolah per orangan yang bisa kita sebut SPP
Jenis-Jenis Biaya Online Learning Telkom University
Mungkin Anda yang berminat masuk ke Telkom University, ada yang penasaran dengan jenis-jenis biaya online learning yang dibutuhkan untuk masuk ke universitas itu. Simak apa saja yang perlu dibayarkan.
Dana pembangunan
Sering dikenal dengan nama UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan). Murid dapat melakukan pembayaran wajib ini hanya sekali pada awal pembelajaran. Namun apabila terjadi kasus ketika pelamar tidak lulus, maka dia tentu diperbolehkan untuk mengundurkan diri dari Tel-U.
Dan untuk biaya pembangunan yang sudah dibayarkan di awal pendaftaran tersebut, akan sepenuhnya dikembalikan kepada Anda. Namun berbeda kasus apabila batal berkualiah di Tel-U karena di terima di Universitas Negeri lain, maka uang pembangunan yang sudah Anda bayarkan akan hangus.
Baca Juga : Telkom University PJJ Akreditasi Dan Kualitas Pendidikan Yang Setara
Sumbangan
Sumbangan Dana Pembangunan Pendidikan Reguler) ini adalah pembayaran yang sama seperti Uang Pembangunan yaitu dibayarkan hanya satu kali di awal pebelajaran. Namun sumbangan ini juga bisa dikembalikan ketika pelamar tidak lulus, dan diterima di Universitas Negeri lain.
SPP per semester
Biaya ini dilakukan pada setiap semester. Pengembalian dana ini juga akan diberikan jika calon mahasiswa tidak lulus ujian nasional atau bahkan diterima di perguruan tinggi negeri.
Baca Juga : Cara Mudah Melakukan Login Akun SMB Telkom University
Lalu bagaimana dengan biaya kuliah online Telkom University? Untuk dana pembangunan serta donasi atau sumbangan ditiadakan alias gratis. Hanya saja Anda dibebankan pada biaya pendaftaran sebesar Rp 400.000 dan Rp 450.000 per semester. Besaran ini khusus untuk jenjang D3 dan S1 sedangkan untuk pendidikan pasca sarjana akan dikenakan biaya Rp 900.000 per semester.
Karena masih buka belum lama, maka Akreditasi S1 PJJ Telkom University masih Minimun. Namun kualitasnya setara dengan pembelajaran tatap muka.
Jaman sekarang banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang untuk menuntut ilmu baik secara online maupun Offline. Demikian juga dengan terobosan dari universitas ternama ini yang memungkinkan pelajaran jarak jauh. Meskipun mungkin ada pertanyaan mengenai Telkom University PJJ Akreditasi.
Kenapa Telkom University PJJ Akreditasinya Minimum?
Karena prodi ini merupakan prodi baru sehingga akreditasi yang dimiliki oleh jurusan PJJ atau online learning ini maka masih mempunyai akreditasi minimum. Tidak seperti banyak jurusan lain di universitas ini yang sudah mendapatkan akreditasi A.
Ketika Anda adalah calon mahasiswa yang berdomisili di bagian Indonesia Timur, Anda sangat beruntung. Karena bisa memanfaatkan kuliah online yang diberikan oleh Telkom University ini, lebih tepatnya lagi adalah melalui pusat belajar jarak jauh dengan lokasi di kota Makassar.
Anda tidak perlu ragu saat ingin mendaftar untuk sistem pembelajaran online ini, karena kualitasnya yang setara dengan pembelajaran tatap muka. Beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai Akreditasi minimum ini adalah sebagai berikut:
Akreditasi minimum adalah salah satu syarat yang diperlukan dalam pembukaan Program Studi/pendirian Perguruan Tinggi. Seperti yang diatur dalam Pasal 33 ayat (3) dan Pasal 60 ayat (4) Undang-undang No. 12 Tahun 2012.
BAN-PT adalah badan yang melaksanakan Akreditasi Minimum pada Program Studi/Perguruan Tinggi atas permintaan atau usulan dari Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK DIKTI, PTN dan Badan Hukum atau Kementerian Agama.
SK akreditasi minimum pada Program Studi atau Perguruan Tinggi ini disampaikan hanya kepada Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK DIKTI, PTN Badan Hukum, atau Kementerian Agama untuk kepentingan penerbitan izin pembukaan Program Studi atau pendirian Perguruan Tinggi.
Usulan akreditasi pada Program studi yang telah dibuka setelah tanggal 02 Februari 2017 hanya akan diproses apabila telah memenuhi Akreditasi Minimum yang ditetapkan BAN-PT.
Demikianlah sedikit hal mengenai Telkom University PJJ Akreditasi. Dengan demikian Anda dapat dengan yakin untuk menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan proses pembelajaran jarak jauh. Sehingga mendapatkan ilmu yang sangat berguna bagi masa depan Anda.
Baca Juga : S1 PJJ Telkom University Untuk Jurusan Informatika
Baca Juga : Biaya Pendidikan Online Universitas Telkom
Perguruan tinggi berbondong bondong menciptakan sistem pembelajaran digital termasuk Telkom University. Ingin tahu bagaimana mereka menjalankan sistem pembelajaran? Yuk simak artikelnya.
Belajar Online Telkom University adalah sebuah proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan menggunakan berbagai macam media komunikasi. Program pembelajaran jarak jauh ini tentu terpisah dari program pembelajaran dengan sistem tatap muka. Namun, program pembelajaran jarak jauh ini juga memiliki kurikulum dan hasil belajar yang sama dengan program pembelajaran tatap muka, perbedaannya tentu terletak hanya pada metode pembelajarannya.
Manfaat belajar online Telkom University
Sebenarnya ada banyak manfaat bagi seorang mahasiswa yang mengikuti belajar online di Telkom University. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
Siswa tidak harus tunduk pada batasan usia atau tempat tinggal
Adanya pusat pembelajaran jarak jauh di kota Makassar
Metode pembelajaran yang dilakukan bersistem e-learning
PKKMB, sesi konsultasi dilakukan dengan sangat fleksibel (bisa online)
UTS dan UAS dilakukan secara online (Dalam pengawasan)
Mendapatkan kelulusan dan berwisuda di Universitas Telekomunikasi, Bandung.
Belajar online Telkom University adalah sebuah metodologi pembelajaran yang berpusat pada siswa (SCL). Dengan kata lain, bahwa pembelajaran ini memiliki tujuan untuk dapat membangun otonomi dan juga kebebasan dalam pembelajar dengan menempatkan pembelajar sendiri sebagai pusat pada pengalaman belajar. Kursus ini menggunakan sistem manajemen pembelajaran (LMS) untuk pembelajaran.
LMS Telkom University adalah sebuah aplikasi atau website pembelajaran yang digunakan oleh Telkom University untuk memberikan kemudahan pembelajaran jarak jauh. Mungkin banyak dari Anda yang masih asing dengan LMS Telkom University karena tidak terlalu familiar. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan Telkom University dari jarak jauh ini dilakukan secara tegas dan terstruktur.
Sebenarnya LMS sendiri merupakan sebuah kepanjangan dari Learning Management System yang akhir - akhir ini sudah disosialisasikan. Dikelola dan dikembangkan langsung oleh Unit Pelaksana Teknologi Pendidikan Jarak Jauh atau UPT PJJ Telkom University. Aplikasi yang berbasis Moodle ini dapat digunakan langsung untuk keperluan pembelajaran di kampus. Terutama berkenaan dengan proses belajar mengajar berbasis online asynchronous atau tatap muka.
Jadi menggunakan LMS dari Telkom University, akan membuat mahasiswa merasa aman meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Sebab fasilitas pembelajaran juga diberikan dengan sangat baik oleh Universitas.
Baca Juga : S1 PJJ Telkom University Untuk Jurusan Informatika
Apabila Anda memilih untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Telkom University pelajari cara login SSO. Untuk melakukan aktivasinya, simak penjelasannya dibawah ini!
Sebelum Anda menjalankan aplikasi dari SSO Telkom University ini, pastikan bahwa komputer milik Anda sudah dapat terhubung dengan internet secara lancar. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti langkah - langkah dibawah ini untuk menjalankan akun SSO Telkom University:
1. Pilihlah browser yang sesuai dengan browser yang Anda miliki dan tentunya menurut Anda paling mudah pengoperasiannya
2. Kemudian, silahkan Anda mengisi alamat URL (https://igracias.telkomuniversity.ac.id/new_student_activate/index.php) pada kolom yang sudah disediakan di “URL Address” di browser Anda (bagian search atas)
3. Kemudian Anda dapat mengisi nomor peserta yang sudah Anda dapatkan
4. Dan masukkan tanggal lahir Anda dengan sesuai
5. Setelah mengisi kolom nomor peserta dan tanggal lahir, jangan lupa lengkapi captca dengan isi kode yang sudah disediakan
Baca Juga : Pembelajaran Online Di Telkom University
Tahap Registrasi akun SSO Telkom University
Tahap 1:
Anda diharuskan untuk Input Nomor Peserta yang sudah Anda dapatkan dan mengisi tanggal lahir. Tahap ini merupakan suatu tahap yang awal dari serangkaian aktifitas yang wajib dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kegiatan aktifasi atau registrasi akun single sign on milik pengguna atau mahasiwa yang bersangkutan.
Nomor Peserta Anda dan juga Tanggal Lahir yang sudah Anda dapatkan, akan diinput ke dalam sistem oleh mahasiswa baru yang bersangkutan, sebagai pengenal bagi sistem untuk dapat mengidentifikasi mahasiswa baru yang sudah bersangkutan untuk dapat melakukan registrasi akun SSO Telkom University.
Tahap 2:
Assign New SSO Account, ini merupakan langkah kedua daripada serangkaian dari aktifitas yang nantinya perlu dilakukan pengguna yang bersangkutan sebagai bentuk kegiatan dari aktifasi atau registrasi akun SSO Telkom University milik pengguna yang bersangkutan.
Di tahap ini nantinya akan Anda lakukan 2 aktifitas utama, yaitu pada pembuatan username terbaru milik Anda untuk akun SSO Telkom University serta pembuatan kata sandi yang nantinya digunakan untuk pengautentikasian dalam penggunaan pada akun SSO di setiap aplikasi yang terkait pada saat log in ke dalam aplikasi tersebut.
Baca Juga : Kuliah Online Telkom University Solusi Belajar Jarak Jauh Dengan Berbagai Media
Solusi praktis kuliah masa kini dari jarak yang jauh melalui berbagai media dengan Kuliah online Telkom University
Proses belajar mengajar secara jarak jauh dengan metode Kuliah online Telkom University untuk S1 Informatika merupakan proses belajar informatika secara jarak jauh. Proses pembelajarannya dapat melalui penggunaan berbagai media komunikasi.
Kuliah Online Telkom University Solusi Belajar Jarak Jauh
Program studi untuk kuliah online ini sendiri terpisah dengan program studi secara tatap muka. Namun mempunyai kurikulum dan capaian yang pembelajaran yang setara dengan program studi tatap muka. Perbedaannya yang paling mendasar hanyalah pada metode pembelajarannya.
Para mahasiswa yang berada di wilayah timur Indonesia, dapat mengikuti pusat belajar jarak jauh yang berada di kota Makassar. Pusat Belajar ini dapat digunakan dengan leluasa untuk mendukung proses pembelajaran. Meskipun sayangnya Program Studi Telkom University yang dibuka saat ini baru Informatika saja.
Sementara itu mengenai metode yang digunakan dalam pembelajaran perkuliahan adalah distance learning. Yaitu kuliah secara online yang mana setiap perkuliahan akan senantiasa diberikan melalui online.
Penyelenggaraan perkuliahan secara daring ini dilakukan 100 % full dan belajar secara mandiri atau secara Asynchronous dan Synchronous yakini tatap muka online melalui Learning Management System (LMS).
Baca Juga : Cara Mudah Aktivasi Akun SSO Telkom University
Syarat Mendaftar Kuliah Online (PJJ) S1 Informatika
Bagi yang merasa kesulitan karena jarak dan biaya, tentu metode pembelajaran secara online seperti ini sangat membantu. Ketika Anda berminat untuk mengikuti perkuliahan online dari Telkom University ini maka dapat mencermati beberapa syarat yang diperlukan sebagai berikut:
Sudah lulus SMA atau SMK dengan program IPA atau rumpun Teknik.
Karyawan yang sedang bekerja atau fresh graduate.
Bagi yang hendak mendaftar tidak terbatas umur dan angaktan lulusan.
Beberapa hal yang menjadi alasan kenapa harus daftar kuliah Online Learning (PJJ) S1 Informatika ini adalah perkuliahan berlangsung 100% online dengan waktu kuliah yang cukup fleksibel. Selain itu dengan biaya kuliah yang terjangkau sudah mendapatkan kualitas pendidikan unggul.
Baca Juga : LMS dan Fungsinya: Kenali Fitur Apa Saja yang Ada Didalamnya!
Kemudian juga setelah lulus, prospek kerja dari jurusan kuliah online Telkom University ini juga cukup beragam. Diantaranya adalah menjadi system analyst, Database specialist, data analism, Business Intelligence Analyst, Game Developer, Network engineer, IT consultant dan lain sebagainya.
PJJ website sangat diperlukan dan penting untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, namun, ada beberapa fitur wajib yang harus di dalamnya.
Sejak adanya pandemi Covid 19, hampir semua pembelajaran pendidikan setiap jenjang dilakukan secara online. salah satunya memakai PJJ website. Suatu metode yang dipakai untuk pembelajaran jarak jauh. Seperti apa PJJ tersebut, berikut penjelasannya.
Fitur Wajib dalam PJJ Website
Sebenarnya PJJ website bukan hanya dipakai untuk kegiatan belajar mengajar saja. Namun website tersebut juga bisa dipakai untuk platform sebuah sekolah atau universitas. Namun, perlu diketahui kalau ada beberapa fitur yang harus ada pada website tersebut.
Fitur Materi Belajar dan Tugas Harian
Fitur yang satu ini membantu pengajar dalam memberikan materi pembelajaran dan semua tugasnya. Oleh karena itu, fitur yang satu ini harus tersedia di dalam website yang akan dipakai untuk pembelajaran jarak jauh.
Fitur Kuis Online atau Ujian
Tidak akan lengkap jika pembelajaran tanpa adanya penilaian terakhir terhadap anak didiknya. Oleh karena itu, adanya ujian atau kuis online sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik.
Tentu saja bentuk ujiannya bisa menyesuaikan kebutuhan. Selain itu, proses pengambilan nilai harus dibuat mudah. Seperti memasukkan kunci jawaban pada sistem soal dan bisa keluar ketika peserta sudah menjawab semuanya.
Baca Juga : Seperti Apa PJJ Informatika? Inilah Penjelasannya
Fitur Perpustakaan Digital
Perlu diketahui kalau pembelajaran tidak akan berhenti di dalam kelas saja. Perlu adanya pembelajaran mandiri oleh setiap peserta didik. Maka diperlukan adanya perpustakaan digital yang bisa membantu peserta didik dalam mencari bahan ajar.
Selain itu, adanya perpustakaan digital juga merupakan bagian dari PJJ. Bukan hanya bisa memudahkan untuk mengakses berbagai informasi, juga bisa memudahkan administrasi peminjaman.
Fitur Rapor Online
Adanya internet memudahkan pelaku pendidikan untuk membuat raport secara online. Sehingga membuat peserta didik tidak lagi datang ke tempat pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar.
Adanya raport online yang merupakan bentuk media elektronik memudahkan juga pembagiannya kepada semua peserta didik. Selain itu, pembagiannya juga lebih cepat dan hemat biaya.
Itulah beberapa fitur yang harus ada dalam website yang akan digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Semua fitur tersebut sudah ada dalam PJJ untuk website di Telkom University. Jadi, tidak perlu khawatir lagi ketika memilih jurusan kuliah jarak jauh.