Situs blog
CeLOE Telkom University mendukung terselenggaranya kegiatan belajar mengajar secara online untuk berbagai program studi di kampus tersebut.
CeLOE Telkom University adalah platform yang mendukung sistem pembelajaran online online atau daring di kampus tersebut. Sistem pembelajaran yang berlaku sejak 2018 ini berlaku untuk program studi (prodi) reguler serta jarak jauh (PJJ).
Learning Management System (LMS) CeLOE Telkom University ini menekankan pada Anda untuk bisa belajar dengan lebih mandiri. Meski begitu, CeLOE juga menyediakan fasilitas group chat untuk Anda melakukan diskusi online.
Baca Juga : LMS CeLOE: Antisipasi Kampus Telkom Menghadapi Perkembangan Zaman
Step by Step Cara Mengakses CeLOE Telkom University
Langkah-langkah untuk mengakses CeLOE bisa dibilang relatif cukup sederhana, yakni sebagai berikut:
Akses website domain
Pengunaan CeLOE ini bisa Anda lakukan dengan cara mengakses situs website Telkom University. Sebuah sumber menyebutkan bahwa versi mobile untuk platform ini masih berada dalam tahap penyempurnaan.
Lakukan Login
Pilih menu Login yang terletak di sebelah kanan atas layar lalu klik “Connect with Office 365”. Untuk itu, Anda bisa mengetikkan alamat email dengan menambahkan ekstensi 365 di depan domain. Contoh: mahasiswa@365.telkomuniversity.ac.id.
Setelah itu masukkan password email lalu klik “Sign in”. Jika Anda baru mengakses CeLOE untuk pertama kali, biasanya akan muncul dialog box berisi pertanyaan “Stay sign in?” untuk mengkonfirmasi login otomatis.
Jika Anda memilih yes, maka ketika lain Anda melakukan Login, sistem akan langsung mengarahkan Anda ke halaman Dashboard. Jika Anda memilih no, maka Anda akan harus mengulangi prosedur ini jika lain kali hendak melakukan Login kembali.
Sebagai tambahan informasi bagi pengguna perdana, biasanya setelah masuk ke halaman Dashboard akan diharuskan untuk melengkapi data-data profil. Jika sudah selesai mengisi data-data tersebut, silakan klik submit.
Baca Juga : Online Learning In Indonesia Metode Pembelajaran Masa Kini
Pilih MK (Materi Kursus)
Untuk melakukan pemilihan materi, klik menu My Course yang terletak di sebelah kiri bawah. Setelah itu masukkan kode MK atau kode prodi. Jika file materi sudah ketemu, klik dua kali untuk membukanya. Materi pun kini telah siap untuk Anda pelajari.
Hingga saat ini, keberadaan CeLOE Telkom University telah terbukti bermanfaat untuk memudahkan pihak universitas menyelenggarakan kegiatan perkuliahan online semasa pandemi.
Universitas Telkom menerapkan LMS CeLOE yang mampu memfasilitasi metode pembelajaran secara online untuk menghadapi kemajuan teknologi.
LMS merupakan singkatan dari Learning Management System yang mempunyai pengertian sistem pembelajaran yang berlaku di suatu institusi pendidikan, khususnya universitas. Sistem ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kualitas lembaga itu.
Untuk mengantisipasi perkembangan zaman, Universitas Telkom berupaya untuk bisa menerapkan sistem pembelajaran yang up-to-date. Salah satu wujud upaya itu adalah menerapkan LMS CeLOE untuk mendukung sistem pembelajaran secara online.
Baca Juga : E-learning Telah Disiapkan Sejak Akhir Tahun 2019 Di Telkom University
Mengenal Lebih Jauh Mengenai LMS CeLOE
CeLOE adalah platform yang memfasilitasi metode pembelajaran online (daring) untuk program reguler maupun jarak jauh (PJJ) di Telkom University. Sistem ini lebih menekankan pada self study yang mengharuskan Anda untuk belajar secara mandiri.
Anda bisa memanfaatkan CeLOE untuk mengakses berbagai materi ajar dalam bentuk file digital. Selain itu, platform ini juga menyediakan fasilitas group chat yang akan memudahkan Anda untuk melakukan diskusi online.
Langkah-langkah Untuk Mengakses CeLOE
Cara untuk mengakses platform CeLOE guna menjalankan metode pembelajaran secara daring ini relatif cukup mudah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Melakukan login
Langkah pertama untuk dapat mengakses CeLOE adalah Login ke dalam sistem melalui Office 365 atau SSO365. Anda cukup mengetikkan alamat email dan menambahkan ekstensi 365 di depan alamat domain kampus.
Selanjutnya, masukkan password email Anda tersebut. Untuk Anda yang baru pertama kali mengakses CeLOE, sistem akan membawa Anda ke Dashboard dan meminta Anda mengisi data profil.
Baca Juga : CeLOE Telkom University dan Panduan 3 Langkah Untuk Mengaksesnya
Memilih materi kursus (MK) yang akan dipelajari
Anda bisa melakukan pencarian materi melalui menu My Course. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa juga memanfaatkan kolom pencarian. Anda cukup mengetikkan kode MK atau program studi pada kolom tersebut.
Membuka dan mempelajari MK
Setelah Anda berhasil menemukan file MK yang diinginkan, silakan tekan dua kali klik untuk membukanya. Setelah itu Anda pun bisa langsung leluasa untuk mempelajari isi materi tersebut.
Pandemi telah mengakibatkan aktivitas pendidikan terpaksa menerapkan metode online. Berkat LMS CeLOE yang telah diterapkan sejak 2018 ini, kampus Telkom University pun tidak terlalu canggung untuk mengantisipasi hal tersebut
E-learning merupakan pembelajaran masa kini yang sangat atraktif. Dimana metode ini dapat digunakan bagi para mahasiswa yang menempuh studi jarak jauh
E-learning saat ini sedang digadang-gadang sebagai pembelajaran atraktif. Selain itu, pembelajaran yang sedang trending dan digalakkan di semua jenjang pendidikan masa kini.
Salah satunya adalah Telkom University yang menggunakan metode jarak jauh. Dimana telah dicanangkan sejak tahun 2017, namun mulai diterapkan pada akhir tahun 2019.
CeLOe adalah merupakan wadah yang memfasilitasi para mahasiswa. Khususnya bagi para mahasiswa jarak jauh dalam pembelajaran daring.
Baca Juga : Daftar Program S2 PJJ Telkom University
Apakah CeLOE itu?
Kampus digital itulah ciri dari Tel-u yang memanfaatkan pembelajaran jarak jauh. Tentunya Masyarakat luas pun ikut terlibat.
pemanfaatan di sini adalah pembelajaran jarak jauh untuk mendukung kegiatan belajar reguler. Selain itu, merupakan suatu bagian dari pembelajaran atraktif.
E-learning Telkom University
E-learning atau disebut sebagai CeLOe merupakan sebuah atribut pendidikan yang sedang unggul. Bahkan di semua perguruan telah memulai menggunakan pembelajaran jarak jauh.
Pihak dari Telkom University selalu memantau perkembangan metode pembelajaran jarak jauh. Sebab kedepannya, metode ini akan menjadi suatu kebutuhan.
Oleh sebab itu, rektor beserta jajaran akan selalu memantau dan akan memenuhi kebutuhan. Dimana dalam memproduksi sebuah materi pembelajaran yang atraktif di wadah yang disebut sebagai CeLOe.
Lantas apa saja manfaat dari adanya CeLOe tersebut? Segera simak penjelasannya
Adanya Framework
Framework merupakan sebuah terapan kurikulum. Tujuannya adalah supaya dapat yang akan diterapkan oleh Telkom University.
Untuk mahasiswa agar dapat mengakses setiap prodi menggunakan E-Learning. Sedangkan masyarakat umum dapat mengetahui aktivitas apa saja yang telah diberikan kepada para mahasiswa.
Baca Juga : LMS CeLOE: Antisipasi Kampus Telkom Menghadapi Perkembangan Zaman
Telkom university
Apakah Anda ingin menjadi mahasiswa di Telkom University. Dimana pembelajaran yang sudah menerapkan daring sejak tahun 2019.
Selain itu pembelajaran yang berasaskan pada masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya mahasiswa yang mengetahui pembelajaran dari Telkom university.
Namun, para masyarakat yang menyekolahkan anaknya di Universitas pun mengetahui seperti apa pembelajaran yang atraktif. Segera mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di universitas tersebut.
Program S2 PJJ Telkom University kini 100 persen dilakukan secara online. Program studi ini memiliki kurikulum yang berkaitan dengan perkembangan industri dan digital.
Berkat kemajuan teknologi, mahasiswa kini tidak harus tetap kuliah tatap muka setiap hari. Program S2 PJJ Telkom University memungkinkan bagi mahasiswa untuk belajar dari jarak jauh.
Mekanisme pendidikan jarak jauh atau yang biasa disingkat dengan PJJ ini menggunakan berbagai macam media komunikasi yang telah mendapat izin operasional. Hal ini telah disesuaikan dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1018/M/2020.
Baca Juga : Mengenal LMS Telkom University Dan Tutorial Lengkap Untuk Masuk
Sistem Pembelajaran S2 PJJ Telkom University
Metode pembelajaran pada perkuliahan S2 PJJ Telkom University ini adalah perkuliahan daring. Di mana modal utama perkuliahan disampaikan melalui kelas daring.
Metode perkuliahan diselenggarakan secara online 100 persen, secara belajar mandiri dan tetap muka online. Semua menggunakan learning management system atau LMS.
Program studi ini telah telah memiliki kurikulum tersendiri berdasar perkembangan industri dan digital. Cakupan daerah pusat pembelajaran jarak jauh S2 manajemen ini adalah Jakarta, Surabaya dan Timor Leste.
Siapa Saja yang Bisa Mendaftar S2 PJJ?
Calon siswa yang ingin mendaftar S2 PJJ ini antara lain adalah:
Lulusan S1 atau D4
Karyawan/enterpreneur
Semua calon pendaftar tidak dibatasi umur dan angkatan lulusannya.
Baca Juga : E-learning Telah Disiapkan Sejak Akhir Tahun 2019 Di Telkom University
Kelebihan PJJ Magister Manajemen Telkom University
Pembelajaran jarak jauh ini sendiri adalah pendidikan formal dengan basis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di tempat berbeda. Sehingga memerlukan sistem telekomunikasi tertentu untuk menghubungkan keduanya. Cara belajar baru di Telkom University ini juga memiliki banyak kelebihan antara lain adalah:
Kurikulum yang ada telah mengikuti perkembangan digital dan industri untuk 4 tahun mendatang.
Program studi manajemen magister ini juga memiliki keunikan konsentrasi dibandingkan dengan program studi sejenis lain.
Para mahasiswa lebih terdorong untuk belajar mandiri dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis kasus. Jadi cara belajar ini dapat mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa mengenai hal analytical thinking dan problem solving.
Program studi S2 PJJ Telkom Universitas ini memungkinkan mahasiswa untuk terus belajar tanpa harus tatap muka. Sehingga bisa disesuaikan dengan kesibukan masing-masing. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri Anda ke kampus Telkom University.
LMS Telkom University adalah aplikasi pembelajaran yang digunakan Universitas Telkom untuk belajar jarak jauh dengan mudah.
Sumber gambar: LMS Telkom University
Karena belum terlalu familiar sehingga mungkin masih banyak orang yang merasa awam dengan LMS Telkom University. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan cara jarak jauh atau PJJ ini terbukti dapat dilakukan oleh Telkom University.
Baca Juga : Daftar Program S2 PJJ Telkom University
Pengertian LMS Telkom University
Sebenarnya LMS ini adalah singkatan dari Learning Management System yang belum lama disosialisasikan. Dengan dikelola dan dikembangkan oleh Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Jarak Jauh atau UPT PJJ Telkom University.
Aplikasi yang berbasis Moodle ini dapat digunakan untuk kebutuhan pembelajaran di kampus. Terutama yang berkaitan dengan proses belajar mengajar yang berdasarkan pada Asynchronous atau tatap muka dengan cara online.
1. Tutorial Masuk LMS Telkom University
Banyak mahasiswa baru yang masih belum terlalu akrab dengan aplikasi baru Ini sehingga mengalami kesulitan. Terutama saat ingin masuk ke dalam aplikasi untuk belajar, padahal langkah-langkahnya cukup mudah:
· Kunjungi situs resmi di https://lms.telkomuniversity.ac.id.
· Setelah itu Anda dapat login pada pojok kanan atas.
· Kemudian Anda dapat memilih Connect with Office 365.
· Setelah itu masuklah dengan akun SSO Office 365 Anda.
· Jangan lupa isikan password akun tersebut.
· Tunggu sampai muncul Box' untuk mempermudah proses masuk selanjutnya.
· Klik Yes sehingga saat login kemudian lebih mudah.
· Setelah selesai artinya sudah berhasil masuk ke dalam LMS.
· Isi data pada profil yang diminta.
· Setelah itu Anda dapat mencari MK yang diinginkan dengan cara mengisikan kode atau prodi.
Baca Juga : E-learning Telah Disiapkan Sejak Akhir Tahun 2019 Di Telkom University
2. Manfaat LMS
LMS ini sangat penting bagi jenjang pendidikan dasar maupun pendidikan yang tinggi. Karena proses pembelajaran jarak jauh jadi lebih mudah dan dapat terorganisir dengan baik. kelebihan lainnya adalah sebagai berikut:
· Pembelajaran Terpadu
· Belajar Kapan Saja
Demikian ulasan mengenai tutorial dan manfaat LMS Telkom University. Ketika pandemi berlangsung dan proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Sehingga LMS merupakan solusi yang terbaik. Kunjungi Website resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut
Pendaftaran mahasiswa baru Telkom University menggunakan aplikasi PMB Igracias yang berbasis digital.
PMB Igracias merupakan platform yang disediakan oleh Telkom University sebagai sarana untuk melakukan pendaftaran bagi mahasiswa baru. Platform ini bisa diakses secara digital melalui browser yang ada di laptop atau PC agar tampilannya leluasa. Simak ulasan berikut ini mengenai cara mengakses Igracias untuk penerimaan mahasiswa baru.
Baca Juga : Helpdesk Igracias, Perubahan Lingkungan Manual Menjadi Digital
Melakukan Verifikasi Pembayaran dan Proses Verifikasi PMB Igracias
Alur registrasi pendaftaran di Telkom University dimulai dengan mengakses platform secara online melalui situs resmi Igracias. Lalu, mahasiswa baru diminta untuk login ke aplikasi menggunakan username dan password yang sebelumnya sudah dimiliki. Selanjutnya, lakukan pembayaran dengan prioritas komponen BPP, SDP2, dan UPS. Setelah melakukan pembayaran mahasiswa baru akan mendapatkan token yang harus diinput ke platform Igracias.
Token ini berisi 10 digit kode yang hanya didapatkan apabila mahasiswa baru telah melakukan pembayaran. Berikutnya, input token tersebut ke bagian UP3 agar bisa melanjutkan proses verifikasi. Proses ini berguna untuk melakukan verifikasi kepada pihak kampus jika mahasiswa baru telah melakukan pembayaran. Setelah itu, Anda bisa melihat status pembayaran telah berubah.
Baca Juga : Helpdesk Igracias, Perubahan Lingkungan Manual Menjadi Digital
Melakukan Pengisian Data Diri
Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengisi data diri sesuai dengan form yang sudah disediakan oleh PMB Igracias. Pertama, mahasiswa baru akan diminta untuk mengisi data diri pribadi dan riwayah pendidikannya. Selanjutnya, akan ada form pengisian data diri orang tua serta tambahan lainnya yang harus diinput sesuai keadaan sebenarnya. Setelah itu, akan ada kuesioner yang harus dijawab secara lengkap oleh mahasiswa baru. Lalu, semua data yang sudah lengkap tersebut bisa diunduh sebagai salinan.
Berikutnya, mahasiswa baru akan diminta untuk mengunggah dokumen pribadi berupa file hasil scan atau foto asli. Dokumen tersebut meliputi ijazah SMA/SMK, transkrip akademik, akta kelahiran, KTP, kartu keluarga, surat keterangan sehat, SKCK, serta bukti pembayaran. Terakhir, setelah proses input data diri dan unggah dokumen terselesaikan, maka saatnya untuk mencetak berita acara dan mendapatkan konfirmasi melalui SMS.
PMB Igracias merupakan platform yang harus diketahui oleh mahasiswa Telkom University untuk melakukan verifikasi pembayaran dan pendaftaran tahap 2. Saat mengunggah data di platform ini pastikan semuanya diisi dengan teliti agar tidak melakukan kesalahan. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Adanya Helpdesk Igracias membantu mahasiswa dalam proses belajarnya di lingkungan kampus.
Helpdesk Igracias merupakan layanan digital yang berbasis aplikasi untuk memudahkan segala hal ketika ada yang membutuhkan sebuah informasi penting. Setiap mahasiswa yang terdaftar di salah satu universitas ternama bisa terhubung langsung dengan layanan aplikasi tersebut. Lalu, apa saja manfaat dari aplikasi Igracias?
Manfaat Helpdesk Igracias
Helpdesk Igracias hadir untuk mempermudah segala hal yang berkaitan dengan proses belajar sehari-hari dalam lingkungan kampus. Layanan aplikasi tersebut termasuk salah satu hasil kerjasama antara Telkomsel dengan University Telkom.
Hampir semua jurusan bisa menggunakan aplikasi Igracias, terutama bidang teknologi. Adanya aplikasi tersebut bisa mempermudah dan digitalisasi dalam setiap aktivitas belajar mengajar, baik itu mahasiswa, dosen, dan seluruh warga yang ada di dalam kampus.
Baca Juga : Cara Melihat Kode Dosen di iGracias
Ada berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan dalam layanan aplikasi Igracias. Misalnya bisa mengatur jadwal konsultasi dengan dosen pembimbing atau lainnya. Didalamnya juga terdapat fitur yang bisa memberikan informasi tentang akademik terbaru. Bahkan ada juga jadwal kuliah lengkap dengan tata letak kelasnya. Hebat bukan!
Lebih hebatnya lagi, aplikasi Igracias bisa dinikmati dengan menggunakan smartphone. Sehingga bisa dibuka dimana saja dan kapan saja ketika memerlukan sebuah informasi terkait dengan proses belajar mengajar.
Setiap mahasiswa dapat mendapatkan aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau App Store. Jadi, asalkan ada smartphone yang mumpuni, sudah bisa memanfaatkan aplikasi Gracias lengkap dengan berbagai fiturnya.
Ke depannya, ada banyak harapan ketika aplikasi Igracias sudah mulai dipakai oleh sebagian besar mahasiswa Telkom. Salah satunya memperluas pemanfaatan aplikasi tersebut ke seluruh universitas lainnya di seluruh Indonesia. Kemungkinan besar akan sangat membantu dari pemberitahuan informasi manual menuju digital.
Baca Juga : Peran Penting LMS untuk Pembelajaran Daring
Perubahan gaya hidup digital pada lingkungan universitas Telkom, akibat dari dukungan Telkomsel yang memberikan banyak layanan digital. Selain aplikasi Igracias, juga ada Tcash yang bisa berguna untuk setiap transaksi di sebuah kantin. Jadi tidak perlu lagi membawa uang kertas atau koin. Cukup dengan memakai TCash untuk membayarnya. Mudah bukan!
Itulah informasi terkait dengan helpdesk Igracias. Salah satu aplikasi layanan mobile yang bisa membantu kegiatan proses belajar dan mengajar mahasiswa di Universitas. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
iGracias menggunakan sistem terpadu yang memiliki banyak manfaat. Bahkan bisa juga dijadikan cara melihat kode dosen di iGracias, serta banyak lagi fungsi lain.
Bagi mahasiswa, baik yang baru maupun lama, tentu tidak asing dengan sistem satu ini. Selain bisa digunakan sebagai cara melihat kode dosen di iGracias, ada banyak lagi manfaat lain yang bisa diperoleh darinya. Mahasiswa, Dosen maupun staf tidak lagi kerepotan dalam mencari informasi.
Cara Melihat Kode Dosen di iGracias dan Manfaat lainnya
IGracias sendiri adalah singkatan dari Integrated Academic Information System, sebuah portal akademik dengan sistem terpadu. Bertujuan agar mahasiswa, staf dan dosen bisa mengakses berbagai informasi hanya dari satu tempat. Misalnya saja sebagai cara melihat kode dosen di iGracias.
Baru saja Universitas Telkom ini meluncurkan versi mobile. Sehingga dapat dibuka kapan saja dan di mana saja. Tanpa harus membuka laptop terlebih dulu. Aplikasi ini juga memiliki banyak kelebihan, antara lain:
Praktis
Dengan adanya versi aplikasi, mahasiswa tidak lagi bergantung pada Website. Cukup dengan membuka aplikasi yang sudah diinstall di smartphone. Apalagi bila memiliki koneksi internet yang kencang, membuka iGracias mobile pun semakinlancar.
Baca Juga : Peran Penting LMS untuk Pembelajaran Daring
Memadai
Banyak yang kurang menyukai versi mobile dari sebuah website. Namun, Anda tidak perlu mencemaskan hal tersebut pada iGracias. Pasalnya fitur yang tersedia sudah cukup memadai dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
Akses Instan
Pada saat membuka aplikasi, maka berbagai informasi sudah tersedia di layar handphone. Mulai dari jadwal mata kuliah, pengumuman, kode dosen dan banyak lagi informasi penting lain. Sehingga memudahkan mahasiswa ketika ingin mencari informasi. Tidak perlu mengakses website lain untuk keperluan tersebut. Bahkan melebihi aplikasi lain yang memiliki sistem hampir serupa.
Baca Juga : Panduan LMS untuk Mahasiswa Telkom: 6 Langkah Login
Jadi Media Sosial
Sekarang ini iGracias juga sudah memiliki media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kuliah sekaligus bersosialisasi. Semua pengguna bebas mengikuti sesama mahasiswa maupun dosen. Dalam media sosial tersebut, bisa juga mengikuti kegiatan yang dibagikan oleh teman di dalam iGracias.
Demikian beberapa manfaat dari iGracias. Selain menjadi cara melihat kode dosen di iGracias, bisa juga menjadi media sosial untuk mengikuti sesama mahasiswa di Telkom University. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Penggunaan LMS untuk pembelajaran daring merupakan salah satu gebrakan baru dunia pendidikan. Platform ini memungkinkan proses belajar online menjadi mudah.
Telkom University tampaknya sukses menggunakan LMS untuk pembelajaran daring yang semakin giat digalakan sejak pandemi covid19. Memang berbagai kemudahan telah disematkan ke dalam platform ini. Hal tersebut memungkinkan berbagai pertukaran informasi antar dosen dan mahasiswa meski dari jarak yang jauh.
Tata Cara Login LMS Pembelajaran Online
Untuk login di LMS peserta harus terlebih dahulu memiliki akun Microsoft Office 365. Pastikan pengguna adalah mahasiswa aktif karena pembuatan akun tersebut juga harus menyertakan biodata diri. Berikut tata cara login LMS dengan mudah dan cepat:
-
Pertama lakukan login pada akun Microsoft Office 365 yang telah dibuat.
-
Jangan lupa untuk menambahkan domain kampus pada bagian belakang email.
-
Masukan password masing-masing lalu klik selanjutnya.
-
Maka pengguna dapat langsung melakukan akses sesuai keperluan.
Jika seandainya terjadi kegagalan pada proses ini, biasanya disebabkan oleh penggunaan password yang kurang kuat. Pastikan memilih kombinasi yang terbaik dan bervariasi komposisinya sehingga penggunaan kata sandi lebih maksimal.
Keunggulan LMS untuk Belajar Daring
Berbagai kemudahan didapat dari peran LMS sebagai sistem pembelajaran, antara lain:
-
Mempermudah dosen memberikan materi serta mencari bahan ajar tambahan untuk mahasiswa.
-
Pembelajaran menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Hal ini dimungkinkan LMS dapat menyajikan file berupa foto, audio, bahkan video sebagai penunjang.
-
Unggahan hasil belajar mahasiswa dapat terdokumentasikan dengan baik dan lebih terstruktur. Begitu juga dengan bahan ajar dari dosen yang dapat dipilah berdasarkan sub babnya masing-masing.
-
Lembaga pendidikan yang menggunakan LMS untuk pembelajaran daring tampak lebih profesional. Hal ini dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadapnya. Kesan positif ini tentu menambah minat calon mahasiswa untuk bergabung menjadi bagian civitas akademika mereka.
-
Biaya pembuatan murah dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.
Sistem ini didukung oleh berbagai macam fitur yang dapat digunakan pemakainya dengan mudah, antara lain:
-
Pendaftaran daring
Pengguna dapat melakukan berbagai pendaftaran secara online, serta memasukan bukti pembayaran. Hal ini tentu akan sangat memudahkan mahasiswa untuk dapat melakukan daftar diri di berbagai kelas yang hendak dilakukan.
-
Kelas virtual
Sudah barang tentu platform ini memungkinkan pengadaan kelas secara virtual. Sehingga benar-benar menyokong pembelajaran online di era pandemi seperti sekarang.
-
User interface simple
Desain LMS memang sengaja dibuat sederhana agar mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Orang awam sekali pun akan cepat mengerti penggunaannya.
-
Sarana diskusi
Tersedia juga fitur khusus untuk melakukan diskusi. Sehingga memudahkan terjadinya komunikasi dua arah antar mahasiswa dengan dosen.
-
Laporan akhir
Sistem akan otomatis melakukan perekapan pada setiap sesi. Sehingga berbagai dokumentasi kegiatan belajar menjadi semakin dimudahkan.
Adanyany LMS untuk pembelajaran daring memang sangat membantu di bidang pendidikan. Hal ini tentu merupakan salah satu gebrakan besar, sehingga pembelajaran online kini semakin mudah diterima. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Panduan LMS untuk mahasiswa masih sangat diperlukan karena tidak semua sudah mengakrabi fasilitas ini, pastikan sambungan Internet Anda stabil.
Panduan LMS untuk mahasiswa sangat bermanfaat untuk mereka yang belum begitu mengenal fasilitas ini. Sistem belajar konvensional masih sangat melekat dan membuat pelajar harus membiasakan diri dengan program baru saat pandemi.
Seperti yang kita ketahui bahwa LMS merupakan platform yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh atau E-learning. Platform ini sangat mendukung untuk pengaturan kelas dengan media online. Untuk pelaksanaan belajar, Anda perlu beberapa langkah untuk bisa mengakses LMS
Baca Juga : iGracias: Aplikasi Untuk 9 Kegiatan Perkuliahan di Telkom University
Panduan LMS untuk Mahasiswa Telkom
Sebelum bisa menggunakannya untuk belajar, tentunya mahasiswa perlu melakukan login terlebih dahulu.
Berikut kami sajikan 6 langkah mudah sebagai panduan LMS untuk mahasiswa yang ingin login.
-
Pertama-tama, masukkan alamat CELOE LMS yaitu https://lms.telkomuniversity.ac.id. Kami menyarankan Anda menggunakan Chrome untuk browser-nya.
-
Lakukan login dengan klik "Login" sudut kanan atas layar.
-
Klik tulisan "Connect with Office 365" di layar.
-
Masukkan akun SSO Office 365 Anda untuk dapat login. Jika Anda belum paham mana yang dimaksud aku SSO Office 365, cara mengetahuinya cukup mudah. Lakukan sedikit perubahan pada akun SSO Anda.
Misalnya akun SSO Anda cintasejati@telkomuniversity.ac.id, tinggal ubah menjadi SSO Office 365 yaitu cintasejati@365.telkomuniversity.ac.id. Jika sudah, klik "Selanjutnya" atau "Next".
-
Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan password yang sesuai dengan akun yang dimasukkan sebelumnya. Ketik password di sana dan klik "Sign" untuk bisa masuk ke akun. Di sana juga terdapat panduan apa yang harus Anda lakukan jika Anda melupakan password akun yang digunakan untuk login tadi.
-
Jika Anda melakukan login untuk pertama kali, Anda akan diberi pilihan untuk login otomatis atau tidak. Klik "Yes", andai ingin login otomatis dengan akun yang Anda masukkan barusan. Klik "No" jika Anda ingin melakukan login kembali saat masuk ke LMS.
Baca Juga : Terobosan Dunia Pendidikan Modern LMS mahasiswa Telkom University
Dengan beberapa langkah panduan LMS untuk mahasiswa Telkom University di atas, Anda sudah bisa masuk atau login. Selanjutnya tinggal mengenal sekaligus mencoba fitur yang ada untuk bisa belajar dengan platform ini. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.