Site blog
Igracias Telkom University sangat membantu kegiatan mahasiswa terkait perkuliahan sehingga lebih terintegrasi. Orang tua mahasiswa juga bisa mengaksesnya.
Aktivitas perkuliahan yang mudah diakses merupakan dambaan bagi setiap mahasiswa. Igracias Telkom University menjadi solusi bagi mahasiswa sehingga mampu memberikan layanan akademik. Integrated Academic Information System mendukung sejumlah aktivitas perkuliahan yang bisa diakses online.
Aplikasi Integrated Academic Information System
Pada dasarnya Igracias Telkom University merupakan layanan untuk seluruh civitas Akademik. Ada banyak fitur di dalamnya yang mendukung terciptanya ketersediaan layanan bagi seluruh civitas kampus.
Integrated Academic Information System menerapkan sistem Single Sign On. Oleh karena itu, hanya ada satu akun untuk mengakses aplikasi. Anda bisa mendapatkan informasi mulai dari perkuliahan, dalam hal ini termasuk melakukan registrasi mahasiswa baru.
Fitur Igracias
Telkom University memiliki komitmen untuk memberikan layanan dalam ruang lingkup. Igracias secara resmi meluncur pada tahun 2017 dengan beberapa aplikasi, antara lain:
Penerimaan siswa baru.
Kurikulum yang bisa mengelola basis data master kurikulum.
Aplikasi pembayaran yang akan membantu mahasiswa.
Untuk bimbingan dosen
Presensi
E-learning
Aplikasi Geladi
Selanjutnya, yaitu aplikasi penelitian
5 Langkah Registrasi Telkom University
Untuk menggunakan aplikasi Igracias dengan tujuan melakukan registrasi mahasiswa baru, gunakan beberapa langkah berikut ini:
Membayar Biaya Pendidikan
Langkah awal yaitu melakukan pembayaran pendidikan. Pada dasarnya komponen biaya pendidikan ada 3 komponen, yaitu UP3, SDP2 dan BPP. Untuk bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, Anda akan mendapatkan token untuk melakukan verifikasi pembayaran.
Verifikasi Pembayaran
Langkah selanjutnya adalah memasukkan username dan password, lalu masukkan token verifikasi biaya pendidikan.
Isi Data Peserta
Selain itu, Anda juga perlu mengisi data yang diperlukan mulai dari nama, alamat, riwayat pendidikan serta identitas orang tua.
Unggah Dokumen
Beberapa dokumen yang harus Anda ungguh, antara lain:
Transkrip nilai
Akte kelahiran, KTP/SIM, KK dan pas foto
Bukti pembayaran biaya pendidikan
Pakta integritas serta surat konfirmasi kesediaan studi
Surat Keterangan Dokter
Surat Permohonan Asrama dan bukti pembayarannya
Berita Acara Pendaftaran
Langkah selanjutnya yaitu mencetak berita acara pendaftaran sebagai tanda proses registrasi selesai. Sehingga nantinya akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS yang telah Anda cantumkan sebelumnya.
Baca Juga : LMS Telkom University Penyokong Penting PJJ
Secara garis besar, Igracias Telkom University mendukung kegiatan perkuliahan. Dukungan dari beberapa aplikasi sangat menguntungkan mahasiswa dan pengguna lainnya.
Pembelajaran kini bisa dilakukan di mana saja tanpa terikat lokasi, salah satunya dengan bantuan LMS Telkom University yang sukseskan PJJ.
Pembelajaran berbasis jarak jauh yang kini marak dilakukan tidak terlepas dari peran LMS Telkom University. Platform satu ini memang dirancang khusus untuk memudahkan proses belajar mengajar sehingga tidak ada lagi batasan ruang lingkup. Selain digunakan pada PJJ, sistem manajemen ini juga digunakan untuk mendukung pembelajaran tatap muka.
Ada banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara lebih mudah dan efisien. Selain itu LMS juga dapat dipakai mengunggah berbagai format materi ajar. Dari keragaman inilah yang kemudian membuat belajar di Telkom University menjadi hal yang menyenangkan dan jauh dari kata bosan.
Peran LMS Telkom University untuk Pembelajaran Jarak Jauh
Adanya LMS Telkom University menandakan bahwa kampus berbasis Teknologi Telekomunikasi ini benar-benar konsisten menjadi pelopor sistem informasi. Bahkan tidak tanggung-tanggung, mereka telah sukses menggelar program kuliah jarak jauh yang disebut PJJ. Adapun peran learning platform dalam hal ini ialah:
Mudahkan dosen memberikan materi ajar
Dengan menggunakan fitur-fitur yang tersemat dalam LMS, maka dosen bisa memberikan materi ajar dengan lebih gampang. Platform ini memungkinkan pengiriman data dalam berbagai format seperti gambar, suara, video, slideshow, dan masih banyak lagi. Dengan begitu mahasiswa pun akan merasa tertarik untuk menyimak materi.
Bahan-bahan yang sudah diunggah dosen dapat diunduh oleh mahasiswa secara mudah. Jadi penyebaran informasi bisa menjadi lebih efisien di mana mampu menjangkau semua peserta didik tanpa terkecuali.
Transparansi pemantauan proses
Dosen dan mahasiswa bisa bersama-sama melihat rekapitulasi dari penilaian tugas, absensi, hingga evaluasi yang terunggah dalam LMS Telkom University. Dengan begitu pemberian nilai hasil akhir bisa dilakukan secara transparan dan mahasiswa pun menjadi bagian dari sistem pengawasannya.
Baca Juga : Cara Melihat Kode Dosen di iGracias, Berikut Tahapannya
Mudah diakses di mana saja
Asal di lokasi terdapat jaringan internet dan perangkat, maka LMS bisa dengan mudah diakses. Sehingga PJJ pun sangat ditunjang dengan baik. Jadi bagi mahasiswa yang domisilinya di luar area Pulau Jawa pun bisa mengikuti perkuliahan di Telkom University tanpa kendala.
Melalui penggunaan LMS Telkom University dosen dan mahasiswa dituntut untuk selalu melek terhadap perkembangan teknologi. Bagaimana pun kita tentu menyadari bahwa perubahan sangat cepat terjadi. Jika tidak bisa beradaptasi maka akan ketinggalan. Sehingga teruslah asah kemampuan agar siap menyongsong berbagai era industri di masa mendatang.
Apa sebenarnya iGracias dalam Telkom University? Bagaimana pula cara melihat kode dosen di iGracias? Berikut penjelasannya.
Salah satu layanan dalam iGracias milik Telkom University adalah mengakses layanan pendidikan termasuk mengakses dosen. Berikut ini adalah cara melihat kode dosen di iGracias untuk Anda dapat berinteraksi dengan setiap dosen pengampu kelas.
Integrated Academic Information System (iGracias) adalah sebuah aplikasi mobile milik Telkom University yang menjadi portal aktivitas akademik secara virtual.
Di dalamnya Anda bisa mengakses beragam layanan akademik, termasuk mengakses jadwal perkuliahan, presensi, registrasi dan pembayaran serta berinteraksi dengan pengampu fakultas dan jurusan, bagian kemahasiswaan, akses dosen hingga terkait dengan kepentingan wali mahasiswa.
Layanan Akses Informasi Dosen di iGracias
Dalam iGracias Anda akan mendapatkan akses seputar informasi dosen. Di sini Anda dapat mengakses informasi daftar nama dosen yang mengampu kuliah di Telkom University. Termasuk kode namanya masing masing serta fakultas dan jurusan tempatnya mengajar.
Selain itu, Anda juga bisa mengakses informasi jadwal perkuliahan yang digelar untuk masing masing dosen dan mata kuliah. Ini akan sangat membantu Anda menyusun jadwal kuliah Anda di awal semester. Juga membantu Anda menemukan dosen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena di sini otomatis Anda dapat menemukan data jadwal dosen harian.
Cara Melihat Kode Dosen Di iGracias
Untuk cara melihat kode dosen di iGracias, Anda perlu login dulu ke dalam aplikasi atau website iGracias di https://igracias.telkomuniversity.ac.id/. Gunakan kode login dan password SSO Anda yang telah teraktivasi sebelumnya.
Setelah layanan iGracias sudah Anda aktifkan, kini Anda mengakses bisa mulai melakukan cara melihat kode dosen di iGracias dengan mengakses registrasi pengambilan mata kuliah. Di sini akan muncul link kode dosen.
Baca Juga : Memahami Fungsi Dan Cara Kerja iGracias Parents
Klik link tersebut untuk kemudian Anda akan menemukan seluruh nama dosen yang mengajar di Telkom University. Dari link lain yakni pada link jadwal Anda akan menemukan jadwal lengkap kelas perkuliahan yang dibuka untuk semester bersangkutan. Berikut dengan daftar nama dosen yang mengampu untuk setiap mata kuliah.
Mudah sekali bukan cara melihat kode dosen di iGracias? Sistem kerja iGracias sendiri hanya bisa diakses oleh mahasiswa aktif, karyawan dan pengajar dalam lingkungan pendidikan Telkom University. Sehingga dijamin data di dalamnya akan terproteksi dari pihak pihak luar.
Bagaimana sebenarnya fungsi dan cara kerja dari layanan iGracias Parents? Untuk apa layanan ini disediakan oleh Telkom University?
Integrated Academic Information System (iGracias) merupakan sebuah webite dan aplikasi mobile yang bekerja sebagai portal akses informasi dan koneksi dalam sistem pembelajaran Telkom University. Salah satu fitur di dalamnya adalah iGracias Parents.
Apa Sebenarnya iGracias Parents?
iGracias Parents adalah layanan atau fitur yang tersedia dalam aplikasi iGracias yang memudahkan orang tua atau wali dari mahasiswa untuk mengakses informasi terkait perkembangan pendidikan dari anak mereka.
Ini merupakan salah satu fitur dalam iGracias yang menjadi portal utama aktivitas pendidikan dalam Telkom University. Di sini Anda dengan mudah mengakses informasi perkuliahan, registrasi, dosen dan aktivitas kemahasiswaan. Juga terintegrasi dengan layanan materi, perkuliahan dan jurnal kampus.
Selama ini tentu saja dipahami secara umum, banyak orang tua kesulitan mengakses informasi seputar perkuliahan dari anak anak mereka. Akibatnya orang tua tidak mendapatkan cukup informasi seputar nilai dari mahasiswa, jumlah mata kuliah yang telah dan sedang ditempuh hingga masalah registrasi dan pembayaran.
Dengan adanya fitur iGracias Parents dalam aplikasi iGracias, maka orang tua dengan mudah memenuhi kebutuhan mereka akan informasi seputar pendidikan anak mereka tanpa kendala. Semua data merupakan data akurat dan update yang siap menyajikan informasi terkini dari perkembangan pendidikan putra putri mereka.
Sistem layanan ini juga sangat membantu untuk orang tua atau wali yang harus berada jauh di kota yang berbeda dengan anak mereka yang telah menempuh pendidikan di Telkom University.
Bagaimana Cara Akses layanan Parents dalam iGracias?
Untuk mengaktivasi iGracias Parents, orang tua akan mendapatkan pesan singkat dari Telkom University. Pesan tersebut berisi data login password untuk masuk ke dalam iGracias.
Baca Juga : 2 Keuntungan Mengikuti Kelas Karyawan Online
Setelah Anda aktifkan akun orang tua dalam iGracias Parents, Anda akan menemukan layar yang menyajikan sejumlah informasi terkait informasi akademik mahasiswa, info dan berita internal Telkom University serta layanan pesan.
Layanan pesan sendiri merupakan fitur dalam iGracias yang bertujuan memudahkan orang tua atau wali untuk menyampaikan komentar dan saran seputar aplikasi dan layanan akademik dalam Telkom University.
Dalam layar aplikasi, Anda bisa klik profil untuk penjelasan lebih jauh seputar informasi putra putri Anda. Juga dapat mengklik data akademik untuk mendapatkan akses penuh informasi mata kuliah, nilai, prestasi, jadwal kuliah, status pembayaran dan lain sebagainya.
Jadi dengan adanya iGracias Parents ini, orang tua atau wali mahasiswa akan sepenuhnya mendapatkan akses seputar putra putri mereka. Ini merupakan wujud jaminan dari civitas bagi orang tua atau wali atas kondisi putra putri mereka selama berada dalam naungan Telkom University.
Karyawan online merupakan jawaban bagi pekerja untuk mendapatkan peningkatan keterampilan dan kompetensi
Ada banyak orang yang tidak beruntung dapat melanjutkan pendidikan ke S1 secara langsung. Sehingga harus bekerja terlebih dahulu dengan alasan masing-masing. Namun dengan adanya tuntutan zaman serta kemampuan untuk berkompetisi perlu mengikuti kelas karyawan online
Keuntungan Mengikuti Kelas Karyawan Online
Untuk sebagian besar pekerja mengikuti kelas karyawan online merupakan jawaban agar dapat mengatasi kebutuhan peningkatan keterampilan di sela-sela pekerjaannya. Oleh karena itu diperlukan persiapan agar dapat memaksimalkan proses pembelajaran yang diselenggarakan pada lembaga pendidikan yang dipilih.
Waktu yang Lebih Flexible
Mengikuti kelas karyawan yang diselenggarakan secara daring merupakan salah satu pilihan terbaik. Umumnya diselenggarakan pada malam hari sesudah para pekerja menyelesaikan pekerjaannya. Tetapi ada juga beberapa lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakannya di hari Sabtu dan Minggu.
Apapun pilihannya biasanya pihak universitas akan memberikan kemudahan dalam pembelajaran. Ada yang bersifat online 100%, tetapi ada juga yang mengharuskan kehadiran mahasiswa di hari-hari tertentu. Terutama ketika membutuhkan peningkatan keahlian praktikum.
Dana yang Lebih Terjangkau
Oleh karena sifat pembelajarannya yang online biasanya dana yang harus dikeluarkan pun terjangkau. Sehingga para karyawan yang umumnya sudah memiliki tanggungan dapat menyisihkannya sedikit demi sedikit. Selain itu dengan adanya proses pembelajaran yang terbatas biasanya biayanya pun dapat mengikuti.
Baca Juga : Tips Memilih Kuliah kelas Karyawan, Sesuaikan Budget yang Dimiliki
Terbukanya Wawasan
Salah satu keuntungan dari mengambil kelas karyawan yang diselenggarakan secara online adalah terbukanya wawasan terhadap peningkatan keterampilan serta dunia kerja. Karena akan mendapatkan banyak masukan dari dosen serta kebutuhan kompetensi pekerja di masa mendatang.
Selain itu akan memperoleh teman yang lebih banyak dari berbagai macam profesi sehingga dapat bertukar pikiran. Dengan demikian pengetahuannya lama-kelamaan akan bertambah.
Anda dapat melihat bahwa Telkom University juga memiliki berbagai macam pilihan bagi karyawan jika ingin melanjutkan keahliannya. Dengan adanya kemudahan ini maka sebaiknya segera dipertimbangkan sehingga pada saat lulus keahlian serta keterampilannya bertambah.
Ambilah kelas karyawan online agar keterampilan dan keahlian Anda dapat meningkat sehingga membawa ke ranah kompetensi yang lebih baik lagi. Kunjungi laman resmi nya agar mendapatkan informasi yang lebih detail tentang pembelajaran kelas karyawan.
Bekerja bukan halangan untuk mencari ilmu, cari saja kuliah kelas karyawan yang sudah dibuka oleh beberapa universitas ternama yang berkualitas.
Sudah bekerja bukan berarti tidak bisa meneruskan pendidikan yang lebih tinggi. Ada banyak universitas yang menawarkan kuliah kelas karyawan. Jika memutuskan untuk meakukan sekolah sabil bekerja, ikuti tips memilih kelas khusus karyawan.
Tips Memilih Kuliah Kelas Karyawan
Tidak sedikit universitas ternama yang membuka kuliah kelas karyawan. Semua kelas tersebut memberikan kemudahan mahasiswanya untuk membagi waktu antara bekerja dan belajar. Berikut cara memilih kelas khusus tersebut.
Memilih waktu kuliah
Sebagai seorang karyawan, pastinya tugas utamanya adalah bekerja. Ketika seorang karyawan memutuskan untuk melanjutkan kuliah, maka harus memperhatikan waktu kuliahnya.
Misalnya bekerja setiap hari pada pukul 8 pagi sampai 4 sore. Maka perlu memilih kuliah yang membuka waktu sore atau malam. Bisa juga memilih kuliah ekstension, yaitu kuliah Sabtu dan Minggu.
Memilih universitas yang memiliki waktu sesuai jam kuliah
Jika sudah menentukan waktu senggang untuk kuliah. Selanjutnya adalah mencari universitas yang membuka waktu kuliah yang sesuai dengan rencana. Salah satu rekomendasinya adalah Telkom University.
Baca Juga : Biaya Ekstensi Telkom University? Kenali Dulu Persyaratannya
Memilih universitas yang berkualitas
Bukan hanya sembarang memilih universitas hanya karena membuka waktu yang sesuai dengan rencana. Universitas tersebut juga harus berkualitas. Sehingga semua pendidikannya bisa mengikuti update teknologi yang ada.
Memilih jurusan yang sesuai
Terkadang cukup sulit bagi seorang karyawan untuk memilih jurusan atau program studi. Misalnya latar belakang pendidikan dari karyawan tesebut adlah lulusan teknik. Tapi, jenjang karirnya adalah posisi manager.
Maka salsah satu yang bisa menjadi pilihan adalah mengambil jurusan sesuai dengan karirnya. Namun, semuanya kembali pada keinginan diri sendiri. Karena jika belajar tidak sesuai dengan yang tidak kita inginkan, maka hasilnya juga tidak akan maksimal.
Hitung perkiraan biaya
Sebelum memutuskan untuk mengikuti kelas khusus karyawan, jangan lupa untuk melakukan riset harganya. Hitung dengan cermat dan bandingkan biayanya dengan gaji yang didapatkan setiap bulannya. Hal tersebut untuk menghindari kesulitan keuangan ketika sedang menjalani kuliah.
Bagaimana. Apakah siapa untuk mengikuti kuliah kelas karyawan? Ada banyak universitas yang membuka kelas khusus tersebut. tapi pilih yang terjangkau dan tidak memberatkan sehingga kuliahnya bisa berjalan lancar sampai lulus.
Anda karyawan dan ingin kembali menempuh perkuliahan? Pastikan pilih kampus terbaik, seperti di kelas karyawan Telkom University
Meski sudah berstatus sebagai karyawan, tidak menutup kemungkinan Anda ingin menempuh pendidikan kembali ke jenjang kesarjanaan yang lebih tinggi. Dan untuk situasi seperti Anda, kelas karyawan Telkom University bisa menjadi solusi.
Menyandang status karyawan sudah tentu membuat Anda tidak leluasa menghadiri kelas perkuliahan reguler. Itu sebabnya Telkom University menyediakan kelas khusus untuk karyawan dengan sejumlah keistimewaan. Sehingga keterbatasan Anda dalam waktu tetap bisa disiasati dengan baik selama masa kuliah berjalan.
Seperti apa sebenarnya kelas karyawan di Telkom University? Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba melihat lebih jauh keistimewaan kuliah di Telkom University di kelas khusus ini.
Yang Istimewa Dari Menempuh Kuliah di Telkom University
Ada banyak kelas karyawan yang dibuka di banyak perkampusan di Indonesia. Namun, kota Bandung dengan Telkom Universitynya menawarkan salah satu kelas karyawan terbaik yang akan menjadikan Anda lulusan berkualitas.
Berpusat di kawasan Jalan Telekomunikasi – Terusan Buahbatu, di kawasan Bandung Technoplex (BT-Plex) dan di Gegerkalong Hilir, Bandung Utara. Telkom University sudah berkiprah sejak belas tahun sebagai institusi pendidikan berbasis teknologi modern.
Berangkat dari sini, Telkom University menjadi salah satu civitas pendidikan swasta terbaik di Indonesia dengan sejumlah jurusan unggulan. Telkom University menjadi universitas dengan sistem kurikulum pendidikan modern, yang selalu mengedepankan kualitas, integrasi dan penerapan teknologi komunikasi modern.
Menjadi mahasiswa dalam Telkom University akan menjadi solusi terbaik bagi Anda yang berstatus karyawan. Sistem pendidikan modern yang diterapkan memudahkan Anda yang terkendala waktu dan ruang untuk tetap dapat mengakses kegiatan kuliah dengan leluasa. Tentu saja dengan tetap mengedepankan kualitas perkuliahan seoptimal mungkin.
Baca Juga : Mengenal Sekilas Tentang iGracias Telkom University
Mengapa Kelas Karyawan Telkom University Terbaik?
Salah satunya adalah penerapan sistem kurikulum yang memadukan kelas offline dengan sistem pendidikan berbasis digital. Siswa dapat mengakses pengelolaan perkuliahan, status pendaftaran hingga mengakses aktivitas kelas termasuk materi, tugas, kuis dan jurnal secara online dengan sistem aplikasi yang terintegrasi.
Fasilitas dalam kampus juga sudah dilengkapi untuk memudahkan penyediaan video materi, akses jurnal dan perpustakaan secara online dan layanan office 365. Ini menjadikan kegiatan kuliah menjadi lebih mudah dijalankan bahkan untuk Anda yang terbentur kesibukan.
Itulah gambaran mengapa kelas karyawan Telkom University menjadi pilihan terbaik. Meski keterbatasan menjadi kendala Anda. Tetapi orientasi Telkom University untuk menyediakan kelas dengan sistem integrasi optimal menjadikan semua keterbatasan Anda tidak lagi menjadi kendala.
Apa sebenarnya aplikasi iGracias Telkom University? Apa saja fitur yang tersedia di dalamnya? Serta apa fungsinya dalam perkuliahan?
Integrated Academic Information System atau iGracias Telkom University merupakan sebuah layanan berbasis digital yang disediakan oleh civitas Telkom University untuk memudahkan mahasiswa dan calon mahasiswa untuk mengakses aktivitas perkuliahan mereka.
Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengenal lebih baik mengenai aplikasi milik civitas Telkom University ini. Serta bagaimana cara penggunaan dan fitur-fitur penting yang tersedia di dalamnya.
Apa Sebenarnya iGracias Telkom University
iGracias Telkom University ini merupakan portal akademik yang menjadi sistem terpadu bagi aktivitas civitas, dalam pengelolaan aktivitas perkuliahan. Sistem yang diluncurkan sejak April 2017 ini memudahkan semua pihak yang terlibat dalam aktivitas perkuliahan, baik itu mahasiswa maupun dosen untuk mengakses seluruh informasi perkuliahan.
Termasuk di dalamnya pengaturan jadwal, daftar nilai dan daftar dosen serta mata kuliah. Termasuk pula informasi seputar kemahasiswaan, pendaftaran dan status pembayaran registrasi perkuliahan.
Bahkan, iGracias juga menyediakan akses untuk orang tua maupun wali untuk dapat turut mengakses informasi yang mereka perlukan dalam mendampingi putra putri mereka dalam menjalankan perkuliahan di Telkom University.
Apa Saja Fitur Dalam iGracias?
Ada sejumlah fitur yang dapat Anda jumpai dengan mengakses iGracias Telkom University. Adapun beberapa fitur tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
Sistem registrasi mahasiswa baru
Informasi seputar kurikulum yang diterapkan dalam Telkom University untuk setiap bidang studi
Sistem registrasi perkuliahan termasuk informasi status pembayaran mahasiswa
Sistem registrasi pendaftaran perkuliahan baru untuk setiap semester
Data presensi untuk setiap mata kuliah yang ditempuh
Data nilai total dari seluruh mata kuliah yang telah ditempuh
Informasi kemahasiswaan dan aktivitas civitas
Selain fitur-fitur yang disampaikan di atas, iGracias Telkom University juga terintegrasi dengan sejumlah aplikasi lain yang juga memiliki peran penting dalam aktivitas perkuliahan mahasiswa di Telkom University.
Semua aplikasi terintegrasi langsung dengan SSO, Single Sign On, sehingga satu Identitas dapat digunakan untuk mengakses seluruh aplikasi akademika dalam Telkom University.
Baca Juga : Kualifikasi Staff Akademik Telkom University Yang Harus Dipenuhi
Adapun sejumlah aplikasi yang terintegrasi dengan iGracias tersebut antara lain adalah TUNE (Telkom University Network Engine) sebagai portal aktivitas belajar mahasiswa, baik untuk kelas online, materi, tugas, quiz, jurnal dan lain sebagainya. Selain itu juga terdapat Blog Student, GAFE (Google Apps for Education) serta Office 365.
Itulah gambaran singkat mengenai iGracias. Seluruh sistem terintegrasi ini menjadikan iGracias Telkom University sebagai salah satu bentuk nyata pengaplikasian sistem pendidikan modern dan berorientasi revolusi industri 4.0 pada sistem kurikulum pendidikan Telkom University.
Menjadi staff Akademik Telkom University harus memenuhi beberapa kualifikasi yang menjadi syarat mutlak.
Sebagai salah universitas swasta ternama tentu saja mempunyai banyak sekali mahasiswa yang datang dari seluruh penjuru negeri. Sehingga pastinya membutuhkan banyak karyawan termasuk dosen dan staff akademik Telkom University.
Kualifikasi Staff Akademik Telkom University
Bagi yang berminat untuk bekerja sebagai staf akademik biasanya pihak universitas akan membuka kesempatan bagi lulusan terbaik D3 (entry level) untuk berkarir sebagai Tenaga Kependidikan Profesional pada posisi : Staf Urusan Data & Pelaporan dengan kualifikasi sebagai berikut :
Minimal Lulusan D3
Kalau Anda memenuhi syarat yang pertama yakni minimal lulusan D3 dari salah satu universitas ternama di Indonesia dan mempunyai akreditasi minimal B maka Anda bisa menyiapkan berkas selanjutnya untuk mencoba melamar.
IPK minimal 2,75 skala 4,00
Kemudian syarat yang kedua adalah mempunyai nilai kelulusan yang cukup tinggi. Karena disini mensyaratkan minimal 2,75 dengan skala 4,00.
Usia maksimal 30 tahun
Kemudian syarat yang ketiga adalah umurnya dibawah 30 tahun. Sehingga ketika umur Anda sudah diatas 30 tahun maka kesempatan Anda sudah tertutup.
Baca Juga : Membership dan Affiliation (Kerjasama Telkom University)
Berkelakuan baik, sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.
Selain harus mempunyai kelakuan baik, sehat jasmani dan rohani juga harus bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.
Mampu berkomunikasi secara verbal dan tertulis dengan baik
Sebagai seorang staff di Telkom University, harus dapat berkomunikasi dengan baik, baik secara verbal maupun secara tertulis.
Memiliki semangat untuk mempelajari hal baru dan mampu bekerja sama dalam tim.
Agar staff senantiasa mengikuti perkembangan jaman dan fleksibel dalam bertugas maka harus memenuhi syarat yang keenam ini.
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sebagai insan yang beragama, maka harus dapat bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Diutamakan memiliki sertifikasi dibidangnya.
Akan lebih baik kalau calon staff mempunyai sertifikasi di bidangnya sehingga dapat diandalkan.
Bersedia menandatangani perjanjian kerja Tenaga Profesional Full Time apabila dinyatakan lulus seleksi.
Kemudian setelah diterima maka harus bersedia untuk menandatangani perjanjian kerja yang sudah disepakati bersama.
Demikianlah kualifikasi secara umum untuk staff akademik Telkom University. Untuk kualifikasi khusus yang lain dapat Anda lihat pada http://hr.telkomuniversity.ac.id/. Proses seleksi yang dilakukan biasanya adalah Seleksi Administrasi, Tes Bahasa Inggris, Psikotes dan Wawancara. Selamat mencoba!
Self Esteem adalah salah satu faktor yang bisa menentukan keberhasilan atau tidaknya dalam hidup, bahkan jangan sampai rendah atau terlalu tinggi.
Apakah sudah tahu tentang Self Esteem? Self Esteem adalah salah satu aspek yang memiliki nilai penting dalam bidang psikologi. Hanya dengan adanya Self Esteem bisa membuat orang menjadi lebih percaya diri, mencintai diri, menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
Penting untuk memiliki Self Esteem supaya bisa lebih mensyukuri apa saja yang dimiliki. Lalu apa artinya Self Esteem dab faktor apa saja yang mempengaruhinya? Berikut ulasan lengkapnya.
Arti Self Esteem Adalah
Harga diri dalam bidang psikologi memiliki arti berbeda dari arti harga diri pada umumnya. Harga diri juga sering disebut dengan Self Esteem. Jadi, Self Esteem adalah sebuah perasaan, pikiran, dan pandangan terhadap diri sendiri.
Penting untuk memiliki Self Esteem yang sehat. Alasannya Self Esteem memengaruhi prestasi, hubungan dengan orang lain, serta rasa bangga dengan diri sendiri.
Ketika Self Esteem tidak sehat alias sakit akan mengakibatkan beberapa hal buruk. Seperti depresi, tidak bisa memunculkan potensi diri dengan maksimal, bahkan bisa menjerumuskan dalam hubungan yang buruk.
Tingkatan Self Esteem yang tinggi juga akan berakibat tidak baik untuk diri sendiri. Misalnya tidak bisa mengetahui diri sendiri dan tidak bisa belajar dari kesalahan. Jadi, tingkatan Self Esteem tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Harus seimbang yang berarti sehat.
Faktor yang Mempengaruhi Self Esteem
Tinggi rendahnya Self Esteem juga dipengaruhi oleh pihak lain. Ada beberapa faktor yang memberikan dampak terhadap Self Esteem. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi Self Esteem.
Pendapat orang lain
Pendapat dari orang lain bisa mempengaruhi keadaan Self Esteem orang lain ini meliputi keluarga, teman, dan orang di sekitarnya. Kebanyakan pendapat orang lain merupakan pendapat yang buruk, sehingga bisa menurunkan kepercayaan diri.
Oleh karena itu, abaikan perkataan mereka. Tutup telinga rapat-rapat. Sehingga tidak mempengaruhi Self Esteem.
Baca Juga : Jumlah Wasit dalam Permainan Sepak Bola dan Peranannya
Pikiran diri sendiri
Bukan hanya terpengaruh dari orang lain saja. Ternyata pikiran diri sendiri juga bisa memengaruhi Self Esteem yang dimiliki. Misalnya mengatakan sesuatu untuk diri sendiri, sehingga perkataan tersebut selalu diulang dan mengakibatkan terpatri.
Itulah arti Self Esteem adalah aspek penting untuk keberhasilan diri sendiri. Sama seperti ketika sekolah atau kuliah di Telkom University. Perlu kepercayaan diri supaya belajarnya bisa berjalan lancar.