Situs blog
Apakah Anda sudah mengetahui bahwa di Telkom University civitas akademika diharuskan memiliki akun CeLOE ini? Apa Sih CeLOE ini? Dan bagaimana cara register akun CeLOE? Yuk simak penjelasan dibawah ini!
Tentang visi dari Universitas Telekomunikasi yang menjadi universitas berkelas dunia dalam berperan aktif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan seni yang berbasis pada perkembangan teknologi. Kampus yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT ini berusaha untuk terus melakukan terobosan baru dalam pengembangan sebuah pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Dalam waktu baru - baru ini, Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) dari Telkom University mengkonfirmasi sebuah program yang menjadi trobosan pada Revolusi Industri 4.0. Program ini merupakan eLearning and Open Education Center (CeLOE) dan mahasiswa Telkom University ini harus register akun CeLOE untuk pembelajaran.
Di dalamnya ini, CeLOE berfokus pada transformasi pendidikan yang melalui pemanfaatan dari teknologi informasi. Ada tiga poin yang diketahui menjadi inti dari suatu program ini.
(1) Keunggulan bagi peserta didik melalui perubahan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan pembelajarn bagi peserta didik atau mahasiswa
(2) Keunggulan guru melalui perubahan penyampaian pada saat proses pembelajaran
(3) Keunggulan kelembagaan melalui perubahan perencanaan dan pada manajemen pendidikan.
Baca Juga : Cara Mudah Melakukan Login Akun SMB Telkom University
Cara Register Akun CeLOE
1. Masukkan akun email milik Anda
2. Masukkan nama lengkap Anda
3. Setelah memasukkan nama lengkap Anda akan diminta untuk memberikan nama publik yang nantinya akan dilihat oleh banyak orang disamping nama lengkap Anda
4. Setelah memeasukkan nama publik, Anda akan diminta untuk mengisi password email, pastikan isi dengan benar
5. Anda akan diminta untuk kembali mengisikan password, ini juga pastikan diisi dengan benar ya
6. setelah password, Anda diwajibkna untuk mengisi asal kota Anda. Kota ini sudah disediakan pada kolom yang akan muncul ketika Anda klik menu ini
7. Setelah itu, Anda akan memasukkan jenis kelamin Anda.
8. Kemudian Anda akan disuruh untuk mengisi tanggal, bulan, dan tahun Anda lahir.
9. Langkah yang terakhir yaitu masukkan nomor telepon. Jangan lupa memastikan bahwa nomor telepon yang Anda masukkan benar dan bisa dihubungi oleh pihak terkait agar memudahkan pihak kampus apabila terjadi kesalahan atau kejanggalan pada akun Anda.
10. Jangan lupa berikan checklist pada kolom yang disediakan. Register akun CeLOE sudah selesai.
Demikian tata cara Register akun CeLoe Telkom University yang wajib Anda tahu saat bergabung ke universitas bergengsi ini. Semoga bermanfaat.
Baca Juga: Biaya Pendidikan Online Universitas Telkom
Solusi praktis kuliah masa kini dari jarak yang jauh melalui berbagai media dengan Kuliah online Telkom University
Proses belajar mengajar secara jarak jauh dengan metode Kuliah online Telkom University untuk S1 Informatika merupakan proses belajar informatika secara jarak jauh. Proses pembelajarannya dapat melalui penggunaan berbagai media komunikasi.
Kuliah Online Telkom University Solusi Belajar Jarak Jauh
Program studi untuk kuliah online ini sendiri terpisah dengan program studi secara tatap muka. Namun mempunyai kurikulum dan capaian yang pembelajaran yang setara dengan program studi tatap muka. Perbedaannya yang paling mendasar hanyalah pada metode pembelajarannya.
Para mahasiswa yang berada di wilayah timur Indonesia, dapat mengikuti pusat belajar jarak jauh yang berada di kota Makassar. Pusat Belajar ini dapat digunakan dengan leluasa untuk mendukung proses pembelajaran. Meskipun sayangnya Program Studi Telkom University yang dibuka saat ini baru Informatika saja.
Sementara itu mengenai metode yang digunakan dalam pembelajaran perkuliahan adalah distance learning. Yaitu kuliah secara online yang mana setiap perkuliahan akan senantiasa diberikan melalui online.
Penyelenggaraan perkuliahan secara daring ini dilakukan 100 % full dan belajar secara mandiri atau secara Asynchronous dan Synchronous yakini tatap muka online melalui Learning Management System (LMS).
Baca Juga : Cara Mudah Aktivasi Akun SSO Telkom University
Syarat Mendaftar Kuliah Online (PJJ) S1 Informatika
Bagi yang merasa kesulitan karena jarak dan biaya, tentu metode pembelajaran secara online seperti ini sangat membantu. Ketika Anda berminat untuk mengikuti perkuliahan online dari Telkom University ini maka dapat mencermati beberapa syarat yang diperlukan sebagai berikut:
Sudah lulus SMA atau SMK dengan program IPA atau rumpun Teknik.
Karyawan yang sedang bekerja atau fresh graduate.
Bagi yang hendak mendaftar tidak terbatas umur dan angaktan lulusan.
Beberapa hal yang menjadi alasan kenapa harus daftar kuliah Online Learning (PJJ) S1 Informatika ini adalah perkuliahan berlangsung 100% online dengan waktu kuliah yang cukup fleksibel. Selain itu dengan biaya kuliah yang terjangkau sudah mendapatkan kualitas pendidikan unggul.
Baca Juga : LMS dan Fungsinya: Kenali Fitur Apa Saja yang Ada Didalamnya!
Kemudian juga setelah lulus, prospek kerja dari jurusan kuliah online Telkom University ini juga cukup beragam. Diantaranya adalah menjadi system analyst, Database specialist, data analism, Business Intelligence Analyst, Game Developer, Network engineer, IT consultant dan lain sebagainya.
Semenjak kasus virus covid-19 merebak di seluruh dunia, maka hal ini berimbas kepada kehidupan manusia termasuk kegiatan belajar-mengajar. Di era pembelajaran sekarang sudah semakin dikenal dengan yang namanya lms dan fungsinya, yang sudah banyak diterapkan oleh institusi pendidikan di Indonesia.
Bagi yang belum mengetahui apa itu LMS, maka berikut akan kami coba sedikit berikan ulasannya kepada Anda. check this out!
Pengertian LMS
LMS atau kepanjangan dari Learning Management System adalah sebuah perangkat lunak yang sudah dikonsepkan serta dibuat untuk bisa menunjang aktivitas pembelajaran secara online. Yang sehingga para tenaga pengajar akan dimudahkan sekali dengan adanya LMS ini, ditengah situasi pandemi seperti ini.
Melalui LMS ini, para tenaga pengajar bisa melakukan berbagai hal. Seperti diantaranya bisa membuat silabus, membuat bahan materi pembelajaran, mengelola nilai hasil belajar, dan lain sebagainya.
Fitur-Fitur yang terdapat dalam LMS
Adapun berbagai fitur menarik yang terdapat dalam LMS dan fungsinya yang turut ditawarkan oleh Telkom University ini, diantaranya sebagai berikut:
User Interface yang mudah pengoperasiannya
Didalam LMS ini menyuguhkan fitur antarmuka atau interface yang didesain secara menarik dan juga mudah untuk digunakan. Sehingga dengan begitu, sajian interface yang menarik ini secara tidak langsung bisa menumbuhkan rasa semangat yang lebih kepada tenaga pengajar dan siswanya ketika melakukan aktivitas belajar-mengajar.
Ada fitur pendaftaran online
Dengan adanya fitur pendaftaran online dalam LMS ini, tenaga pengajar serta siswanya bisa mendaftarkan diri secara mudah, dan bisa mengakses layanan dari LMS ini dengan sesegera mungkin.
Baca Juga : Fitur Wajib dalam PJJ Website
Kelas maya
Kelas maya atau virtual class ini merupakan sebuah kelas yang dimana isinya bisa memungkinkan untuk melangsungkan aktivitas pembelajaran antara murid dengan tenaga pengajarnya. Yang mana dalam kelas maya ini, tenaga pengajarnya bisa memberikan suguhan materi pembelajaran via digital, baik itu dalam bentuk video ataupun animasi.
Evaluasi hasil pembelajaran
Didalam LMS dan fungsinya ini juga terdapat fitur hasil penilaian serta laporan dari setiap muridnya. Jadi walaupun aktivitas pembelajarannya dilakukan tanpa tatap muka, tenaga pengajar masih bisa memantau aktivitas siswanya ketika belajar melalui LMS ini.
Baca Juga : Kuliah Online Telkom University Solusi Belajar Jarak Jauh Dengan Berbagai Media
PJJ website sangat diperlukan dan penting untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, namun, ada beberapa fitur wajib yang harus di dalamnya.
Sejak adanya pandemi Covid 19, hampir semua pembelajaran pendidikan setiap jenjang dilakukan secara online. salah satunya memakai PJJ website. Suatu metode yang dipakai untuk pembelajaran jarak jauh. Seperti apa PJJ tersebut, berikut penjelasannya.
Fitur Wajib dalam PJJ Website
Sebenarnya PJJ website bukan hanya dipakai untuk kegiatan belajar mengajar saja. Namun website tersebut juga bisa dipakai untuk platform sebuah sekolah atau universitas. Namun, perlu diketahui kalau ada beberapa fitur yang harus ada pada website tersebut.
Fitur Materi Belajar dan Tugas Harian
Fitur yang satu ini membantu pengajar dalam memberikan materi pembelajaran dan semua tugasnya. Oleh karena itu, fitur yang satu ini harus tersedia di dalam website yang akan dipakai untuk pembelajaran jarak jauh.
Fitur Kuis Online atau Ujian
Tidak akan lengkap jika pembelajaran tanpa adanya penilaian terakhir terhadap anak didiknya. Oleh karena itu, adanya ujian atau kuis online sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik.
Tentu saja bentuk ujiannya bisa menyesuaikan kebutuhan. Selain itu, proses pengambilan nilai harus dibuat mudah. Seperti memasukkan kunci jawaban pada sistem soal dan bisa keluar ketika peserta sudah menjawab semuanya.
Baca Juga : Seperti Apa PJJ Informatika? Inilah Penjelasannya
Fitur Perpustakaan Digital
Perlu diketahui kalau pembelajaran tidak akan berhenti di dalam kelas saja. Perlu adanya pembelajaran mandiri oleh setiap peserta didik. Maka diperlukan adanya perpustakaan digital yang bisa membantu peserta didik dalam mencari bahan ajar.
Selain itu, adanya perpustakaan digital juga merupakan bagian dari PJJ. Bukan hanya bisa memudahkan untuk mengakses berbagai informasi, juga bisa memudahkan administrasi peminjaman.
Fitur Rapor Online
Adanya internet memudahkan pelaku pendidikan untuk membuat raport secara online. Sehingga membuat peserta didik tidak lagi datang ke tempat pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar.
Adanya raport online yang merupakan bentuk media elektronik memudahkan juga pembagiannya kepada semua peserta didik. Selain itu, pembagiannya juga lebih cepat dan hemat biaya.
Itulah beberapa fitur yang harus ada dalam website yang akan digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Semua fitur tersebut sudah ada dalam PJJ untuk website di Telkom University. Jadi, tidak perlu khawatir lagi ketika memilih jurusan kuliah jarak jauh.
Baca Juga : LMS dan Fungsinya: Kenali Fitur Apa Saja yang Ada Didalamnya!
Universitas Telkom menerapkan LMS CeLOE yang mampu memfasilitasi metode pembelajaran secara online untuk menghadapi kemajuan teknologi.
LMS merupakan singkatan dari Learning Management System yang mempunyai pengertian sistem pembelajaran yang berlaku di suatu institusi pendidikan, khususnya universitas. Sistem ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kualitas lembaga itu.
Untuk mengantisipasi perkembangan zaman, Universitas Telkom berupaya untuk bisa menerapkan sistem pembelajaran yang up-to-date. Salah satu wujud upaya itu adalah menerapkan LMS CeLOE untuk mendukung sistem pembelajaran secara online.
Mengenal Lebih Jauh Mengenai LMS CeLOE
CeLOE adalah platform yang memfasilitasi metode pembelajaran online (daring) untuk program reguler maupun jarak jauh (PJJ) di Telkom University. Sistem ini lebih menekankan pada self study yang mengharuskan Anda untuk belajar secara mandiri.
Anda bisa memanfaatkan CeLOE untuk mengakses berbagai materi ajar dalam bentuk file digital. Selain itu, platform ini juga menyediakan fasilitas group chat yang akan memudahkan Anda untuk melakukan diskusi online.
Baca Juga : Daftar Program Studi S2 PJJ Telkom University
Langkah-langkah Untuk Mengakses CeLOE
Cara untuk mengakses platform CeLOE guna menjalankan metode pembelajaran secara daring ini relatif cukup mudah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Melakukan login
Langkah pertama untuk dapat mengakses CeLOE adalah Login ke dalam sistem melalui Office 365 atau SSO365. Anda cukup mengetikkan alamat email dan menambahkan ekstensi 365 di depan alamat domain kampus.
Selanjutnya, masukkan password email Anda tersebut. Untuk Anda yang baru pertama kali mengakses CeLOE, sistem akan membawa Anda ke Dashboard dan meminta Anda mengisi data profil.
Memilih materi kursus (MK) yang akan dipelajari
Anda bisa melakukan pencarian materi melalui menu My Course. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa juga memanfaatkan kolom pencarian. Anda cukup mengetikkan kode MK atau program studi pada kolom tersebut.
Baca Juga : CeLOE Telkom University dan Panduan 3 Langkah Untuk Mengaksesnya
Membuka dan mempelajari MK
Setelah Anda berhasil menemukan file MK yang diinginkan, silakan tekan dua kali klik untuk membukanya. Setelah itu Anda pun bisa langsung leluasa untuk mempelajari isi materi tersebut.
Pandemi telah mengakibatkan aktivitas pendidikan terpaksa menerapkan metode online. Berkat LMS CeLOE yang telah diterapkan sejak 2018 ini, kampus Telkom pun tidak terlalu canggung untuk mengantisipasi hal tersebut.
LMS Telkom University adalah aplikasi pembelajaran yang digunakan Universitas Telkom untuk belajar jarak jauh dengan mudah.
Karena belum terlalu familiar sehingga mungkin masih banyak orang yang merasa awam dengan LMS Telkom University. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan cara jarak jauh atau PJJ ini terbukti dapat dilakukan oleh Telkom University.
Pengertian LMS Telkom University
Sebenarnya LMS ini adalah singkatan dari Learning Management System yang belum lama disosialisasikan. Dengan dikelola dan dikembangkan oleh Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Jarak Jauh atau UPT PJJ Telkom University.
Aplikasi yang berbasis Moodle ini dapat digunakan untuk kebutuhan pembelajaran di kampus. Terutama yang berkaitan dengan proses belajar mengajar yang berdasarkan pada Asynchronous atau tatap muka dengan cara online.
Tutorial Masuk LMS Telkom University
Banyak mahasiswa baru yang masih belum terlalu akrab dengan aplikasi baru Ini sehingga mengalami kesulitan. Terutama saat ingin masuk ke dalam aplikasi untuk belajar, padahal langkah-langkahnya cukup mudah:
Kunjungi situs resmi di https://lms.telkomuniversity.ac.id.
Setelah itu Anda dapat login pada pojok kanan atas.
Kemudian Anda dapat memilih Connect with Office 365.
Setelah itu masuklah dengan akun SSO Office 365 Anda.
Jangan lupa isikan password akun tersebut.
Tunggu sampai muncul Box' untuk mempermudah proses masuk selanjutnya.
Klik Yes sehingga saat login kemudian lebih mudah.
Setelah selesai artinya sudah berhasil masuk ke dalam LMS.
Isi data pada profil yang diminta.
Setelah itu Anda dapat mencari MK yang diinginkan dengan cara mengisikan kode atau prodi.
Manfaat LMS
LMS ini sangat penting bagi jenjang pendidikan dasar maupun pendidikan yang tinggi. Karena proses pembelajaran jarak jauh jadi lebih mudah dan dapat terorganisir dengan baik. kelebihan lainnya adalah sebagai berikut:
Pembelajaran Terpadu
Belajar Kapan Saja
Demikian ulasan mengenai tutorial dan manfaat LMS Telkom University. Ketika pandemi berlangsung dan proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Sehingga LMS merupakan solusi yang terbaik.