Entri blog oleh MEILINA EKA AYUNINGTYAS

Siapa pun di dunia

Digital marketing menjadi faktor utama untuk mengenalkan produk baik itu barang maupun jasa. Jenis marketing tersebut akan membantu mengenalkan brand Anda.

Digital Marketing: Simak Pengertian dan 5 Kelebihannya

Mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat, ternyata memberikan pengaruh besar pada sektor bisnis. Penggunaan digital marketing sebagai salah satu contohnya. Adanya jenis marketing ini, maka akan membantu perusahaan mengenalkan produk-produknya dengan baik kepada masyarakat luas.

Digital Marketing Adalah

Istilah digital marketing muncul dan mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan. Tujuannya penggunaan saluran digital ini untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi.


Jenis pemasaran ini melibatkan beberapa hal, antara lain:

  • Situs website

  • Perangkat seluler

  • Media sosial

  • Mesin pencari

  • Saluran serupa lainnya


Pemasaran melibatkan saluran digital ini melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional. Selain itu, telah banyak universitas yang memiliki prodi berkaitan dengan pemasaran jenis ini. Salah satunya, Telkom University yang siap mengantarkan para lulusannya memahami apa itu pemasaran digital.


Baca Juga : Revolusi Industri di Indonesia Tantangan Adaptasi Peradaban Manusia


Kelebihan Pemasaran Digital

Berikut ini beberapa kelebihan pemasaran digital yang bisa Anda rasakan, antara lain:

Lebih Murah

Pemasaran yang memanfaatkan layanan digital akan menghemat biaya daripada yang konvensional. Pembiayaan bisa Anda sesuaikan dengan target iklan yang diinginkan.

Branding Cepat dan Luas

Selain itu, branding jauh lebih mudah dan cepat. Berbeda jika Anda menggunakan pemasaran konvensional yang terbatas.

Lebih Mudah

Jika menggunakan pemasaran digital akan mudah mengaplikasikannya. Pemilik bisnis memiliki kemudahan dalam hal menjangkau calon konsumen yang lebih luas lagi. 


Anda bisa memanfaatkan berbagai macam platform, mulai dari media sosial sampai marketplace. Selain itu, sifatnya yang digital akan memudahkan pengaksesan oleh calon konsumen.


Baca Juga : Layanan Konseling Telkom University Persembahan Direktorat Kemahasiswaan


Tepat Sasaran

Konsep pemasaran digital ini lebih efektif untuk para pemilik bisnis. Sebab, perusahaan bisa lebih fokus pada periklanan ke calon konsumen potensial. Pemasaran ini lebih efektif untuk memaksimalkan penjualan produk maupun jasa.

Pengumpulan Data

Penerapan konsep pemasaran digital ini memberikan keuntungan, selain untuk memasarkan produk. Selain itu, perusahaan dengan mudah mendapatkan data konsumen. 


Anda bisa memanfaatkan data ini untuk mengembangkan strategi pemasaran. Data dari konsumen dapat berupa:

  • Jenis kelamin

  • Usia

  • Minat

  • Likasi konsumen

  • Preferensi pembelian


Menggunakan digital marketing akan memberikan banyak keuntungan kepada pemilik bisnis. Sehingga bisa meningkatkan penjualan baik untuk produk maupun jasa perusahaan.



[ Mengubah: Wednesday, 19 October 2022, 10:51 ]