Blog entry by CeLOE Services
iGracias Telkom University memungkinkan Anda untuk melakukan sejumlah aktivitas terkait perkuliahan secara online dan terintegrasi.
iGracias Telkom University adalah suatu aplikasi terintegrasi yang mampu memberikan layanan akademik untuk seluruh civitas kampus. Nama iGracias sendiri merupakan singkatan dari Integrated Academic Information System.
Aplikasi iGracias Telkom University ini menerapkan sistem Single Sign-On (SSO). Itu artinya, hanya dengan satu akun, Anda bisa mengakses aplikasi ini untuk berbagai keperluan perkuliahan, termasuk mengurus registrasi mahasiswa baru.
Registrasi Mahasiswa Baru Via iGracias Telkom University
Agar dapat menggunakan aplikasi iGracias ini untuk melakukan registrasi mahasiswa baru, ada beberapa langkah yang perlu Anda lewati, yaitu:
Membayar biaya pendidikan
Ada tiga komponen dalam biaya pendidikan ini, yakni UP3, SDP2, dan BPP. Untuk dapat melanjutkan ke langkah registrasi berikutnya, Anda setidaknya harus sudah melunasi biaya UP3.
Pembayaran tersebut dapat Anda lakukan melalui bank. Nantinya Anda menerima token untuk melakukan verifikasi pembayaran tersebut.
Melakukan verifikasi pembayaran
Bukalah https://igracias.telkomuniversity.ac.id/, pilih menu Admisi kemudian masukkan username serta password yang tertera pada surat penerimaan Anda. Selanjutnya masukkan token verifikasi pembayaran biaya pendidikan Anda.
Mengisi data peserta
Data-data yang diperlukan antara lain nama lengkap, alamat, riwayat pendidikan, identitas orang tua, dsb.
Mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran
Beberapa dokumen yang perlu Anda unggah dalam bentuk digital sebagai kelengkapan persyaratan menjadi mahasiswa baru antara lain:
-
Transkrip nilai dan ijazah SMA/SMK
-
Akte kelahiran, KTP/SIM, Kartu Keluarga, serta pas foto
-
Bukti pembayaran biaya pendidikan
-
Pakta integritas dan surat konfirmasi kesediaan studi
-
Surat keterangan dokter dan surat keterangan berkelakuan baik
-
Surat permohonan asrama berikut bukti pembayarannya
Mencetak berita acara pendaftaran
Langkah ini merupakan bukti bahwa proses registrasi yang Anda lakukan telah selesai. Nantinya, Anda akan memperoleh konfirmasi melalui SMS ke nomor ponsel yang telah dicantumkan sebelumnya.
Fungsi Lain Aplikasi iGracias Telkom University
Tak hanya untuk penerimaan mahasiswa baru, aplikasi iGracias ini juga dapat memfasilitasi sejumlah kegiatan lain di universitas. Beberapa di antaranya yaitu:
-
Memberikan informasi mengenai kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan untuk tiap semester
-
Menyusun rencana studi per semester yang meliputi pengambilan mata kuliah serta pembayaran biayanya
-
Presensi perkuliahan
-
Merangkum informasi menyangkut nilai perkuliahan
-
Pengajuan Tugas Akhir, Thesis dan Bimbingan Dosen
-
Pendaftaran wisuda
-
Penyelenggaraan survei alumni
Dengan keberadaan iGracias Telkom University, berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik di kampus itu dapat berlangsung dengan lebih sistematis dan terintegrasi.
iGracias Telkom University memungkinkan Anda untuk melakukan sejumlah aktivitas terkait perkuliahan secara online dan terintegrasi.
iGracias Telkom University adalah suatu aplikasi terintegrasi yang mampu memberikan layanan akademik untuk seluruh civitas kampus. Nama iGracias sendiri merupakan singkatan dari Integrated Academic Information System.
Aplikasi iGracias Telkom University ini menerapkan sistem Single Sign-On (SSO). Itu artinya, hanya dengan satu akun, Anda bisa mengakses aplikasi ini untuk berbagai keperluan perkuliahan, termasuk mengurus registrasi mahasiswa baru.
Registrasi Mahasiswa Baru Via iGracias Telkom University
Agar dapat menggunakan aplikasi iGracias ini untuk melakukan registrasi mahasiswa baru, ada beberapa langkah yang perlu Anda lewati, yaitu:
Membayar biaya pendidikan
Ada tiga komponen dalam biaya pendidikan ini, yakni UP3, SDP2, dan BPP. Untuk dapat melanjutkan ke langkah registrasi berikutnya, Anda setidaknya harus sudah melunasi biaya UP3.
Pembayaran tersebut dapat Anda lakukan melalui bank. Nantinya Anda menerima token untuk melakukan verifikasi pembayaran tersebut.
Melakukan verifikasi pembayaran
Bukalah https://igracias.telkomuniversity.ac.id/, pilih menu Admisi kemudian masukkan username serta password yang tertera pada surat penerimaan Anda. Selanjutnya masukkan token verifikasi pembayaran biaya pendidikan Anda.
Mengisi data peserta
Data-data yang diperlukan antara lain nama lengkap, alamat, riwayat pendidikan, identitas orang tua, dsb.
Mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran
Beberapa dokumen yang perlu Anda unggah dalam bentuk digital sebagai kelengkapan persyaratan menjadi mahasiswa baru antara lain:
-
Transkrip nilai dan ijazah SMA/SMK
-
Akte kelahiran, KTP/SIM, Kartu Keluarga, serta pas foto
-
Bukti pembayaran biaya pendidikan
-
Pakta integritas dan surat konfirmasi kesediaan studi
-
Surat keterangan dokter dan surat keterangan berkelakuan baik
-
Surat permohonan asrama berikut bukti pembayarannya
Mencetak berita acara pendaftaran
Langkah ini merupakan bukti bahwa proses registrasi yang Anda lakukan telah selesai. Nantinya, Anda akan memperoleh konfirmasi melalui SMS ke nomor ponsel yang telah dicantumkan sebelumnya.
Fungsi Lain Aplikasi iGracias Telkom University
Tak hanya untuk penerimaan mahasiswa baru, aplikasi iGracias ini juga dapat memfasilitasi sejumlah kegiatan lain di universitas. Beberapa di antaranya yaitu:
-
Memberikan informasi mengenai kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan untuk tiap semester
-
Menyusun rencana studi per semester yang meliputi pengambilan mata kuliah serta pembayaran biayanya
-
Presensi perkuliahan
-
E-Learning
-
Merangkum informasi menyangkut nilai perkuliahan
-
Pengajuan Tugas Akhir, Thesis dan Bimbingan Dosen
-
Pendaftaran wisuda
-
Penyelenggaraan survei alumni
Dengan keberadaan iGracias Telkom University, berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik di kampus itu dapat berlangsung dengan lebih sistematis dan terintegrasi. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.