Site blog
Pendaftaran mahasiswa baru Telkom University menggunakan aplikasi PMB Igracias yang berbasis digital.
PMB Igracias merupakan platform yang disediakan oleh Telkom University sebagai sarana untuk melakukan pendaftaran bagi mahasiswa baru. Platform ini bisa diakses secara digital melalui browser yang ada di laptop atau PC agar tampilannya leluasa. Simak ulasan berikut ini mengenai cara mengakses Igracias untuk penerimaan mahasiswa baru.
Baca Juga : Helpdesk Igracias, Perubahan Lingkungan Manual Menjadi Digital
Melakukan Verifikasi Pembayaran dan Proses Verifikasi PMB Igracias
Alur registrasi pendaftaran di Telkom University dimulai dengan mengakses platform secara online melalui situs resmi Igracias. Lalu, mahasiswa baru diminta untuk login ke aplikasi menggunakan username dan password yang sebelumnya sudah dimiliki. Selanjutnya, lakukan pembayaran dengan prioritas komponen BPP, SDP2, dan UPS. Setelah melakukan pembayaran mahasiswa baru akan mendapatkan token yang harus diinput ke platform Igracias.
Token ini berisi 10 digit kode yang hanya didapatkan apabila mahasiswa baru telah melakukan pembayaran. Berikutnya, input token tersebut ke bagian UP3 agar bisa melanjutkan proses verifikasi. Proses ini berguna untuk melakukan verifikasi kepada pihak kampus jika mahasiswa baru telah melakukan pembayaran. Setelah itu, Anda bisa melihat status pembayaran telah berubah.
Baca Juga : Helpdesk Igracias, Perubahan Lingkungan Manual Menjadi Digital
Melakukan Pengisian Data Diri
Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengisi data diri sesuai dengan form yang sudah disediakan oleh PMB Igracias. Pertama, mahasiswa baru akan diminta untuk mengisi data diri pribadi dan riwayah pendidikannya. Selanjutnya, akan ada form pengisian data diri orang tua serta tambahan lainnya yang harus diinput sesuai keadaan sebenarnya. Setelah itu, akan ada kuesioner yang harus dijawab secara lengkap oleh mahasiswa baru. Lalu, semua data yang sudah lengkap tersebut bisa diunduh sebagai salinan.
Berikutnya, mahasiswa baru akan diminta untuk mengunggah dokumen pribadi berupa file hasil scan atau foto asli. Dokumen tersebut meliputi ijazah SMA/SMK, transkrip akademik, akta kelahiran, KTP, kartu keluarga, surat keterangan sehat, SKCK, serta bukti pembayaran. Terakhir, setelah proses input data diri dan unggah dokumen terselesaikan, maka saatnya untuk mencetak berita acara dan mendapatkan konfirmasi melalui SMS.
PMB Igracias merupakan platform yang harus diketahui oleh mahasiswa Telkom University untuk melakukan verifikasi pembayaran dan pendaftaran tahap 2. Saat mengunggah data di platform ini pastikan semuanya diisi dengan teliti agar tidak melakukan kesalahan. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Adanya Helpdesk Igracias membantu mahasiswa dalam proses belajarnya di lingkungan kampus.
Helpdesk Igracias merupakan layanan digital yang berbasis aplikasi untuk memudahkan segala hal ketika ada yang membutuhkan sebuah informasi penting. Setiap mahasiswa yang terdaftar di salah satu universitas ternama bisa terhubung langsung dengan layanan aplikasi tersebut. Lalu, apa saja manfaat dari aplikasi Igracias?
Manfaat Helpdesk Igracias
Helpdesk Igracias hadir untuk mempermudah segala hal yang berkaitan dengan proses belajar sehari-hari dalam lingkungan kampus. Layanan aplikasi tersebut termasuk salah satu hasil kerjasama antara Telkomsel dengan University Telkom.
Hampir semua jurusan bisa menggunakan aplikasi Igracias, terutama bidang teknologi. Adanya aplikasi tersebut bisa mempermudah dan digitalisasi dalam setiap aktivitas belajar mengajar, baik itu mahasiswa, dosen, dan seluruh warga yang ada di dalam kampus.
Baca Juga : Cara Melihat Kode Dosen di iGracias
Ada berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan dalam layanan aplikasi Igracias. Misalnya bisa mengatur jadwal konsultasi dengan dosen pembimbing atau lainnya. Didalamnya juga terdapat fitur yang bisa memberikan informasi tentang akademik terbaru. Bahkan ada juga jadwal kuliah lengkap dengan tata letak kelasnya. Hebat bukan!
Lebih hebatnya lagi, aplikasi Igracias bisa dinikmati dengan menggunakan smartphone. Sehingga bisa dibuka dimana saja dan kapan saja ketika memerlukan sebuah informasi terkait dengan proses belajar mengajar.
Setiap mahasiswa dapat mendapatkan aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau App Store. Jadi, asalkan ada smartphone yang mumpuni, sudah bisa memanfaatkan aplikasi Gracias lengkap dengan berbagai fiturnya.
Ke depannya, ada banyak harapan ketika aplikasi Igracias sudah mulai dipakai oleh sebagian besar mahasiswa Telkom. Salah satunya memperluas pemanfaatan aplikasi tersebut ke seluruh universitas lainnya di seluruh Indonesia. Kemungkinan besar akan sangat membantu dari pemberitahuan informasi manual menuju digital.
Baca Juga : Peran Penting LMS untuk Pembelajaran Daring
Perubahan gaya hidup digital pada lingkungan universitas Telkom, akibat dari dukungan Telkomsel yang memberikan banyak layanan digital. Selain aplikasi Igracias, juga ada Tcash yang bisa berguna untuk setiap transaksi di sebuah kantin. Jadi tidak perlu lagi membawa uang kertas atau koin. Cukup dengan memakai TCash untuk membayarnya. Mudah bukan!
Itulah informasi terkait dengan helpdesk Igracias. Salah satu aplikasi layanan mobile yang bisa membantu kegiatan proses belajar dan mengajar mahasiswa di Universitas. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
iGracias menggunakan sistem terpadu yang memiliki banyak manfaat. Bahkan bisa juga dijadikan cara melihat kode dosen di iGracias, serta banyak lagi fungsi lain.
Bagi mahasiswa, baik yang baru maupun lama, tentu tidak asing dengan sistem satu ini. Selain bisa digunakan sebagai cara melihat kode dosen di iGracias, ada banyak lagi manfaat lain yang bisa diperoleh darinya. Mahasiswa, Dosen maupun staf tidak lagi kerepotan dalam mencari informasi.
Cara Melihat Kode Dosen di iGracias dan Manfaat lainnya
IGracias sendiri adalah singkatan dari Integrated Academic Information System, sebuah portal akademik dengan sistem terpadu. Bertujuan agar mahasiswa, staf dan dosen bisa mengakses berbagai informasi hanya dari satu tempat. Misalnya saja sebagai cara melihat kode dosen di iGracias.
Baru saja Universitas Telkom ini meluncurkan versi mobile. Sehingga dapat dibuka kapan saja dan di mana saja. Tanpa harus membuka laptop terlebih dulu. Aplikasi ini juga memiliki banyak kelebihan, antara lain:
Praktis
Dengan adanya versi aplikasi, mahasiswa tidak lagi bergantung pada Website. Cukup dengan membuka aplikasi yang sudah diinstall di smartphone. Apalagi bila memiliki koneksi internet yang kencang, membuka iGracias mobile pun semakinlancar.
Baca Juga : Peran Penting LMS untuk Pembelajaran Daring
Memadai
Banyak yang kurang menyukai versi mobile dari sebuah website. Namun, Anda tidak perlu mencemaskan hal tersebut pada iGracias. Pasalnya fitur yang tersedia sudah cukup memadai dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
Akses Instan
Pada saat membuka aplikasi, maka berbagai informasi sudah tersedia di layar handphone. Mulai dari jadwal mata kuliah, pengumuman, kode dosen dan banyak lagi informasi penting lain. Sehingga memudahkan mahasiswa ketika ingin mencari informasi. Tidak perlu mengakses website lain untuk keperluan tersebut. Bahkan melebihi aplikasi lain yang memiliki sistem hampir serupa.
Baca Juga : Panduan LMS untuk Mahasiswa Telkom: 6 Langkah Login
Jadi Media Sosial
Sekarang ini iGracias juga sudah memiliki media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kuliah sekaligus bersosialisasi. Semua pengguna bebas mengikuti sesama mahasiswa maupun dosen. Dalam media sosial tersebut, bisa juga mengikuti kegiatan yang dibagikan oleh teman di dalam iGracias.
Demikian beberapa manfaat dari iGracias. Selain menjadi cara melihat kode dosen di iGracias, bisa juga menjadi media sosial untuk mengikuti sesama mahasiswa di Telkom University. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Penggunaan LMS untuk pembelajaran daring merupakan salah satu gebrakan baru dunia pendidikan. Platform ini memungkinkan proses belajar online menjadi mudah.
Telkom University tampaknya sukses menggunakan LMS untuk pembelajaran daring yang semakin giat digalakan sejak pandemi covid19. Memang berbagai kemudahan telah disematkan ke dalam platform ini. Hal tersebut memungkinkan berbagai pertukaran informasi antar dosen dan mahasiswa meski dari jarak yang jauh.
Tata Cara Login LMS Pembelajaran Online
Untuk login di LMS peserta harus terlebih dahulu memiliki akun Microsoft Office 365. Pastikan pengguna adalah mahasiswa aktif karena pembuatan akun tersebut juga harus menyertakan biodata diri. Berikut tata cara login LMS dengan mudah dan cepat:
-
Pertama lakukan login pada akun Microsoft Office 365 yang telah dibuat.
-
Jangan lupa untuk menambahkan domain kampus pada bagian belakang email.
-
Masukan password masing-masing lalu klik selanjutnya.
-
Maka pengguna dapat langsung melakukan akses sesuai keperluan.
Jika seandainya terjadi kegagalan pada proses ini, biasanya disebabkan oleh penggunaan password yang kurang kuat. Pastikan memilih kombinasi yang terbaik dan bervariasi komposisinya sehingga penggunaan kata sandi lebih maksimal.
Keunggulan LMS untuk Belajar Daring
Berbagai kemudahan didapat dari peran LMS sebagai sistem pembelajaran, antara lain:
-
Mempermudah dosen memberikan materi serta mencari bahan ajar tambahan untuk mahasiswa.
-
Pembelajaran menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Hal ini dimungkinkan LMS dapat menyajikan file berupa foto, audio, bahkan video sebagai penunjang.
-
Unggahan hasil belajar mahasiswa dapat terdokumentasikan dengan baik dan lebih terstruktur. Begitu juga dengan bahan ajar dari dosen yang dapat dipilah berdasarkan sub babnya masing-masing.
-
Lembaga pendidikan yang menggunakan LMS untuk pembelajaran daring tampak lebih profesional. Hal ini dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadapnya. Kesan positif ini tentu menambah minat calon mahasiswa untuk bergabung menjadi bagian civitas akademika mereka.
-
Biaya pembuatan murah dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.
Sistem ini didukung oleh berbagai macam fitur yang dapat digunakan pemakainya dengan mudah, antara lain:
-
Pendaftaran daring
Pengguna dapat melakukan berbagai pendaftaran secara online, serta memasukan bukti pembayaran. Hal ini tentu akan sangat memudahkan mahasiswa untuk dapat melakukan daftar diri di berbagai kelas yang hendak dilakukan.
-
Kelas virtual
Sudah barang tentu platform ini memungkinkan pengadaan kelas secara virtual. Sehingga benar-benar menyokong pembelajaran online di era pandemi seperti sekarang.
-
User interface simple
Desain LMS memang sengaja dibuat sederhana agar mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Orang awam sekali pun akan cepat mengerti penggunaannya.
-
Sarana diskusi
Tersedia juga fitur khusus untuk melakukan diskusi. Sehingga memudahkan terjadinya komunikasi dua arah antar mahasiswa dengan dosen.
-
Laporan akhir
Sistem akan otomatis melakukan perekapan pada setiap sesi. Sehingga berbagai dokumentasi kegiatan belajar menjadi semakin dimudahkan.
Adanyany LMS untuk pembelajaran daring memang sangat membantu di bidang pendidikan. Hal ini tentu merupakan salah satu gebrakan besar, sehingga pembelajaran online kini semakin mudah diterima. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Panduan LMS untuk mahasiswa masih sangat diperlukan karena tidak semua sudah mengakrabi fasilitas ini, pastikan sambungan Internet Anda stabil.
Panduan LMS untuk mahasiswa sangat bermanfaat untuk mereka yang belum begitu mengenal fasilitas ini. Sistem belajar konvensional masih sangat melekat dan membuat pelajar harus membiasakan diri dengan program baru saat pandemi.
Seperti yang kita ketahui bahwa LMS merupakan platform yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh atau E-learning. Platform ini sangat mendukung untuk pengaturan kelas dengan media online. Untuk pelaksanaan belajar, Anda perlu beberapa langkah untuk bisa mengakses LMS
Baca Juga : iGracias: Aplikasi Untuk 9 Kegiatan Perkuliahan di Telkom University
Panduan LMS untuk Mahasiswa Telkom
Sebelum bisa menggunakannya untuk belajar, tentunya mahasiswa perlu melakukan login terlebih dahulu.
Berikut kami sajikan 6 langkah mudah sebagai panduan LMS untuk mahasiswa yang ingin login.
-
Pertama-tama, masukkan alamat CELOE LMS yaitu https://lms.telkomuniversity.ac.id. Kami menyarankan Anda menggunakan Chrome untuk browser-nya.
-
Lakukan login dengan klik "Login" sudut kanan atas layar.
-
Klik tulisan "Connect with Office 365" di layar.
-
Masukkan akun SSO Office 365 Anda untuk dapat login. Jika Anda belum paham mana yang dimaksud aku SSO Office 365, cara mengetahuinya cukup mudah. Lakukan sedikit perubahan pada akun SSO Anda.
Misalnya akun SSO Anda cintasejati@telkomuniversity.ac.id, tinggal ubah menjadi SSO Office 365 yaitu cintasejati@365.telkomuniversity.ac.id. Jika sudah, klik "Selanjutnya" atau "Next".
-
Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan password yang sesuai dengan akun yang dimasukkan sebelumnya. Ketik password di sana dan klik "Sign" untuk bisa masuk ke akun. Di sana juga terdapat panduan apa yang harus Anda lakukan jika Anda melupakan password akun yang digunakan untuk login tadi.
-
Jika Anda melakukan login untuk pertama kali, Anda akan diberi pilihan untuk login otomatis atau tidak. Klik "Yes", andai ingin login otomatis dengan akun yang Anda masukkan barusan. Klik "No" jika Anda ingin melakukan login kembali saat masuk ke LMS.
Baca Juga : Terobosan Dunia Pendidikan Modern LMS mahasiswa Telkom University
Dengan beberapa langkah panduan LMS untuk mahasiswa Telkom University di atas, Anda sudah bisa masuk atau login. Selanjutnya tinggal mengenal sekaligus mencoba fitur yang ada untuk bisa belajar dengan platform ini. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Aplikasi iGracias memfasilitasi civitas kampus untuk dapat menjalankan berbagai aktivitas akademik di Telkom University secara online.
iGracias adalah sebuah aplikasi perkuliahan di Telkom University yang mempunyai sistem terintegrasi guna memberi layanan akademik bagi segenap civitas kampus. Kepanjangan iGracias adalah Integrated Academic Information System.
Aplikasi iGracias menerapkan sistem yang bernama Single Sign-On atau SSO. Ini berarti Anda bisa mengakses aplikasi tersebut untuk berbagai tujuan perkuliahan cukup melalui satu akun saja.
Manfaat Aplikasi iGracias
Beberapa jenis kegiatan akademik yang dapat difasilitasi oleh keberadaan aplikasi ini antara lain:
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
Aplikasi ini memungkinkan calon mahasiswa untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen pelengkap (transkrip nilai, akte kelahiran, dll) berbentuk digital. Selain itu, Anda juga dapat memverifikasi pembayaran secara online.
Pencarian informasi tentang kurikulum dan penawaran mata kuliah per semester
Dahulu, mahasiswa baru biasanya akan memperoleh buku panduan akademik berisi informasi kurikulum dan daftar mata kuliah yang perlu diikutinya. Sekarang Anda bisa mengakses sendiri informasi itu secara online melalui aplikasi i-Gracias.
Baca Juga : CeLOE Online Learning, Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0
Penyusunan rencana studi untuk tiap semester
Mahasiswa dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pengambilan mata kuliah yang hendak diikutinya pada tiap semester. Aplikasi ini juga dapat sekaligus memfasilitasi keperluan pembayaran mata kuliah tersebut.
Presensi kuliah
Mengisi daftar hadir merupakan kewajiban sekaligus hak tiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan. Dengan menerapkan sistem presensi online, niscaya proses ini akan dapat berjalan dengan lebih tertib.
Pelaporan nilai hasil belajar mahasiswa pada tiap akhir semester
Aplikasi yang terintegrasi ini juga mampu merangkum nilai hasil belajar masing-masing mahasiswa untuk tiap akhir semester. Dengan demikian, proses pelaporan nilai akan menjadi lebih cepat dan praktis.
E-Learning
Pembelajaran jarak jauh tentunya sudah tidak asing lagi di era pandemi. Aplikasi ini juga dapat berguna untuk mendukung kelancaran proses E-learning tersebut.
Pengajuan skripsi, thesis, serta bimbingan dosen
Aplikasi ini memungkinkan mahasiswa untuk mengurus pendaftaran skripsi atau thesis, serta membuat jadwal konsultasi dengan dosen pembimbing secara mandiri.
Baca Juga : Igracias Mahasiswa Tool Online Learning Terkini
Pendaftaran wisuda
Mahasiswa yang telah menyelesaikan kewajiban studinya juga dapat mengurus prosedur kelulusan sekaligus mendaftarkan diri untuk ikut wisuda melalui aplikasi ini.
Survei alumni
Data hasil survei ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa untuk menentukan langkah mereka lulus kelak, sekaligus bahan penilaian akreditasi universitas.
Keberadaan iGracias ini tentunya sangat bermanfaat untuk mendukung jalannya berbagai kegiatan akademik secara online dengan lebih terintegrasi dan sistematis. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Telkom University telah mengukuhkan Celoe Online Learning. Program ini disiapkan khusus untuk menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga tetap bisa bersaing.
Berdasarkan visi dari Telkom University memiliki komitmen sebagai perguruan tinggi berkelas. CeLOE online learning akan mewujudkan kesiapan menghadapi revolusi industri 4.0. Sehingga bisa berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
Penerapan CeLOE Online Learning
CeLOE online learning merupakan bagian dari pengembangan pembelajaran. Celoe merupakan kepanjangan dari Center for e-Learning and Open Education. Program ini sekaligus sebagai pembaruan sistem pembelajaran sehingga sesuai dengan perkembangan teknologi.
Fokus sistem CeLOE ini adalah fokus terhadap transformasi pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Jika melihat lagi lebih dalam, maka ada 3 poin utama adanya sistem ini, yaitu:
Learner Excellence
Adanya perubahan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dari pembelajaran. Mengingat untuk perkembangan teknologi juga akan mengubah banyak kebiasaan hidup.
Teacher Excellence
Dalam sistem pembelajaran tentunya tidak hanya membahas masalah sistem. Namun, di dalamnya ada komponen penting yaitu pengajar. Menggunakan sistem Celoe ini akan mengakomodir perubahan delivery pembelajaran.
Institutional Excellence
Tidak dapat dipungkiri, adanya pandemi ini telah merubah beberapa kebiasaan yang tetap menomorsatukan kesehatan. Sehingga perlu adanya perubahan perencanaan serta pengelolaan pendidikan. Oleh karena itu, sistem CeLOE ini sangat membantu berbagai pihak di bidang pendidikan.
Telkom University Responsif
Perubahan yang terjadi harus disertai dengan antisipatif dan responsif. Sehingga perlu adanya pengembangan kualitas dosen, serta pengembangan metode-metode pembelajaran. Perubahan sistem yang berkelanjutan melalui metode yang berkelanjutan infrastruktur.
Ketiga poin untuk mengakomodir perkembangan sistem pembelajaran tersebut sudah diberlakukan di Telkom University. Untuk selanjutnya peranan tersebut akan menghasilkan harmonisasi. Tujuannya untuk membentuk pendidikan yang berkarakter serta unggul dalam teknologi, ilmu pengetahuan dan seni.
Adanya sistem CeLOE ini sebagai pemanfaatan e-learning yang luas. Sebagai kampus digital, pemanfaatan tersebut ada pada beberapa hal berikut ini:
-
Untuk mendukung pembelajaran pada program reguler.
-
Bagian dari sistem pembelajaran reguler.
-
Menjadi lingkungan belajar jarak jauh.
-
Melaksanakan fungsi open online learning
CeLOE online learning akan mendukung sistem pembelajaran sehingga bisa bersaing di era industri 4.0. Selain itu, sistem ini menjadi solusi dari perkembangan dalam pengelolaan pembelajaran. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Orang tua dapat memantau anaknya dengan mudah melalui kehadiran Igracias mahasiswa. Sistem ini memungkinkan informasi terkait peserta didik terlampir akurat.
Pandemi memaksa pembelajaran teralihkan hampir sepenuhnya ke teknologi digital. Berbagai lembaga pendidikan mulai menyempurnakan sistem mereka dengan berbagai sarana penunjang. Salah satunya Igracias mahasiswa besutan Telkom University. Platform ini juga dapat diakses orang tua peserta didik.
Baca juga : Igracias Mahasiswa Tool Online Learning Terkini
Fitur-Fitur Igracias Mahasiswa
Terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan orang tua mencari informasi tentang perkuliahan anak mereka melalui Igracias Mahasiswa. Berikut tools penting yang dimilikinya:
-
Menu akun
Terdapat nama akun yang memuat database peserta login. Pada kolom profile memuat data diri mahasiswa secara umum. Terdapat juga kontak orang tua/wali yang dapat dihubungi. Sehingga pihak kampus dapat segera memberi informasi jika terjadi sesuatu hal terhadap peserta didik.
-
Menu Data Akademik
Menu data akademik memuat seputar kegiatan mahasiswa selama perkuliahan. Terdapat informasi seperti: transkrip nilai, rencana pembelajaran, dan kehadiran. Ada juga fitur TAK yang memuat informasi status perwalian mahasiswa.
-
Menu Jadwal Mahasiswa
Menu ini memuat jadwal perkuliahan beserta jumlah kehadirannya. Informasi tersebut juga dapat diakses orang tua/wali. Tentu saja dengan begitu, rasa malas kuliah yang kerap menyergap bisa diminimalkan. Karena orang tua tetap dapat memantau meski di luar kota.
-
Menu Riwayat Pembayaran
Menu ini menampilkan riwayat pembayaran mahasiswa di tiap semesternya. Bahkan biaya perkuliahan yang terbayar dimuat secara terperinci. Jadi mahasiswa tidak bisa berbohong tentang nominal tersebut. Hal ini dapat meminimalkan resiko kecurangan.
-
Kemajuan Studi
Menu ini akan memperlihatkan hasil capaian mahasiswa. Orang tua bisa memantau perkembangan belajar anak-anaknya. Sehingga dari sana dapat dilakukan evaluasi terkait hasil capaian tersebut.
Baca Juga : Panduan Singkat Penggunaan Aplikasi iGracias Parents
-
Menu masukan dan komplain
Orang tua/wali dan mahasiswa dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengajukan pertanyaan atau merevisi jika terjadi kesalahan dalam input data. Adanya kritik dan saran yang positif sangat diperlukan kampus untuk kemajuan ke depannya.
Adanya Igracias Mahasiswa sangat membantu orang tua/wali dalam memantau perkembangan belajar anak-anaknya. Sistem ini menggunakan satu akun untuk dapat mengakses keseluruhan data. Pengguna tidak perlu login berkali-kali, sehingga sangat memudahkan. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
iGracias Parents adalah bagian dari sistem aplikasi atau platform iGracias Telkom University dalam membangun komunikasi dengan orang tua mahasiswa. Bagaimana gambaran aplikasi ini?
Telkom University merupakan universitas yang mengedepankan kemajuan sistem informasi berbasis digital untuk kemudahan sistem pembelajaran dan manajemen perkuliahan. Dan di antara sejumlah aplikasi yang terintegrasi dalam Telkom University terdapat aplikasi iGracias. Dimana Anda selaku orang tua juga bisa turut berperan melakukan monitoring melalui layanan ini. Bagaimana cara penggunaan iGracias Parents?
Baca Juga : e-Learning Telkom Kualitas Pembelajaran Tetap Terjaga
Fungsi Layanan iGracias Untuk Orang Tua
Kebanyakan orang tua acapkali kesulitan dalam melakukan pengawasan langsung pada aktivitas dan pencapaian mahasiswa dalam perkuliahan mereka. Sehingga mudah bagi mahasiswa untuk lepas kendali tanpa adanya pengawasan orang tua yang memadai.
Aplikasi iGracias Parents ini berfungsi mewadahi kebutuhan orang tua atau wali dalam melakukan pengawasan yang efektif terhadap seluruh aktivitas kemahasiswaan dari anak atau siswa dalam perwaliannya.
Sehingga orang tua dapat melakukan update mengenai informasi teranyar terkait pencapaian akademik, kerajinan dan prestasi yang dicapai mahasiswa. Tidak hanya itu, sarana ini juga menyediakan ruang komunikasi yang cukup memadai antara orang tua dan dosen serta pihak civitas lain.
Ini adalah sarana komplit bagi orang tua untuk dapat melakukan pengawasan yang terintegrasi dalam institusi Telkom University. Sehingga orang tua dan institusi dapat menjalin hubungan positif dalam memaksimalkan hasil pembelajaran.
Baca Juga : Mengenal CeLOE LMS Telkom University dan 5 Manfaat Pentingnya
Apa saja layanan Dalam iGracias Parents?
Untuk memfasilitasi seluruh kebutuhan tersebut, aplikasi iGracias menyediakan sejumlah fitur yang dengan mudah diakses orang tua. Sebelumnya orang tua akan mendapatkan informasi terkait username dan password orang tua pada platform iGracias.
Dengan melakukan login, orang tua dengan leluasa dapat mengakses data profil mahasiswa, riwayat data akademik yang mendokumentasikan seluruh mata kuliah baik yang sudah, sedang atau akan dijalankan mahasiswa. Berikut dengan daftar nilai yang dicapai dari tiap mata kuliah yang tepat ditempuh.
Orang tua juga dapat mengakses fitur informasi riwayat tagihan dan pembayaran, riwayat absensi juga termasuk riwayat aktivitas kemahasiswaan. Orang tua juga akan mendapatkan akses bertukar pesan dengan dosen pengajar dari mata kuliah yang saat ini tengah ditempuh. Juga berkomunikasi dengan dosen wali dari mahasiswa bersangkutan untuk mengkomunikasikan pencapaian anak mereka.
iGracias Parents adalah sebuah sistem platform yang efektif membantu orang tua dapat mengakses perkuliahan putra putri mereka dengan leluasa. Sekaligus menjadi sarana untuk membangun komunikasi sehat antara institusi dan pihak orang tua.
e-learning Telkom dikembangkan agar dosen dan mahasiswa tetap menjalankan proses pembelajaran yang berkualitas.
Pandemi belum berakhir. Namun, proses pendidikan terutama pembelajaran tidak boleh berhenti. Oleh karenanya, untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan dengan cara jarak jauh. Pada Tel-U metode ini dinamakan dengan e-learning Telkom.
Mengenal e-Learning Telkom
e-learning Telkom merupakan bagian dari LMS atau Learning Management System Tel-U untuk membantu dosen dan mahasiswa mengembangkan pembelajarannya. Sistem yang baru ini mungkin keduanya melakukan pembelajaran berbasisi Asynchronous.
Sistem LMS sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan basis Moodle dan dikembangkan oleh Unit Pelaksanaan Teknis Pendidikan Jarak Jauh (UPBJJ).. PAda prinsipnya, menggunakan sistem ini, baik mahasiswa dan dosen tetap dapat melaksanakan pembelajaran meskipun terkendala jarak.
Baca Juga : Mengenal CeLOE LMS Telkom University dan 5 Manfaat Pentingnya
Keuntungan Bagi Dosen dan Mahasiswa
Sistem pembelajaran ini memberikan keuntungan bagi dosen dan mahasiswa sebagai pengguna utamanya di masa pandemi ini. Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut:
Bagi Dosen
Dosen tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran walaupun terkendala oleh jarak dan waktu
Interaksi kedua entitas pengguna ini lebih aktif karena dapat dilakukan kapan pun
E-learning dapat digunakan dan diakses menggunakan peralatan apapun
Dosen dapat mempersiapkan bahan ajar jauh-jauh hari, sehingga materinya menjadi lebih matang
Dapat mengembangkan berbagai metode pembelajaran secara daring
Memberi kesempatan bagi dosen untuk membantu mahasiswa memecahkan masalahnya yang berkaitan dengan ilmunya.
Dosen dapat menjadi lebih terbuka dengan pemecahan masalah yang disodorkan oleh mahasiswa
Bagi Mahasiswa
Tetap dapat mengikuti pembelajaran dari mana pun walaupun terkendala jarak
Mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya karena memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajari materi yang telah diberikan oleh dosen pada ruang belajar
Kapasitas berpikir mahasiswa akan meningkat, karena tidak lagi melihat permasalahan yang disodorkan melalui kacamata acuan, namun dari pemanfaatannya untuk masyarakat
Kualitas komunikasi antara mahasiswa dan dosen meningkat, karena dilakukan secara interaktif
Mahasiswa dapat mengakses ruang belajar menggunakan peralatan apapun
Pengguna tetap mendapatkan pembelajaran yang berkualitas
Baca Juga : LMS Telkom University, Begini Tutorial Masuknya!
Pengembangan e-learning Telkom University memang dipersiapkan untuk mengatasi kendala jarak. Namun, nyatanya pandemi membuat aplikasi ini sangat membantu dosen dan mahasiswanya untuk tetap berproses dalam pembelajaran. Jika, Anda inginkan pembelajaran jarak Jauh yang berkualitas, Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.