Pokok Topik Kursus
- Umum
- DPJ3A3 - DESAIN KEMASAN
DPJ3A3 - DESAIN KEMASAN
Identitas Mata Kuliah
PROGRAM STUDI : DESAIN PRODUK
FAKULTAS : INDUSTRI KREATIF
KODE MK : DPJ3A3
NAMA MK : DESAIN KEMASAN
SEMESTER PENGAMPUAN : 5
NAMA KOORDINATOR TEAM TEACHING : Sheila Andita Putri, M. Ds.
NAMA KELEOMPOK KEAHLIAN : DESIGN CONCEPT AND STRATEGY
JUMLAH POKOK BAHASAN : 14
Profil dan Sejarah MK
Mata kuliah ini memberikan panduan bagi mahasiswa yang mendalami desain produk dan desain kemasan. Mata kuliah ini juga memberikan dasar pengembangar struktur kemasan, sekaligus memberikan sekilas namun padat tentang kajian sejarah kemasan dari sudut pandang bisnis perancangan kemasan. Fokus Dari Mata Kuliah ini adalah pengembangan Struktur Kemasan (Packaging Structure).
Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Peran kemasan sangat penting karena akan selalu terkait dengan komoditi yang dikemas dan sekaligus merupakan nilai jual dan citra produk. Tingginya kebutuhan akan kemasan di masa mendatang menjadi dasar dari mata kuliah ini. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan:
Mampu memahami tentang elements of packaging design
Mampu merencanakan proyek kemasan
Mampu memahami proses produksi kemasan produk
Mampu merancang struktur kemasan
Mampu membangun prototipe kemasan secara utuh
Mampu mempersentasikan setiap perancangan produk secara detail dan informatif berdasarkan dasar dan proses kreasi.
Kaitan Mata Kuliah Dengan Mata Kuliah Lainnya
Matakuliah ini merupakan matakuliah pendukung matakuliah yang berhubungan dengan creativepreneurship, seperti Manajemen ProyekSociopreneurship, Manajemen Bisnis Pemasaran, Ecopreneurship, hingga WRAP.
Tabel Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi Desain ProdukProgram Learning Outcomes (PLO) / CPL PRODI PLO : PP1 PP1. Mengetahui dan memahami teori-teori yang terkait dengan keilmuan, metode dan proses desain produk. PLO : KU2 KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan tugas yang diberikan. PLO : KK1 KK1. Mampu menganalisis data, menyusun konsep desain dan membuat desain produk yang mengacu pada teori – teori, metode desain dan proses desain yang sesuai dan tepat untuk menghasilkan inovasi desain produk sesuai standar industry dan kebutuhan pengguna. Course Learning Outcomes (CLO) PLO yang di dukung CLO 01 Mampu memahami dasar perwajahan kemasan, mengidentifikasi ragam jenis kemasan dan merancang pengembangan kemasan dasar PLO : PP1 CLO 02 Mampu mengaplikasi teori komponen dasar struktur,sistem penutup kemasan, kompartemen dasar & sistem lipatan kemasan PLO : PP1 CLO 03 Mampu membuat konsep rancangan kemasan tradisional yang dapat memuat beberapa item berbeda PLO : KU2
Pokok Bahasan
- Primary Display Panel & Regulatory Information
- Jenis-jenis kemasan
- Fungsi kemasan
- Dasar Struktur Kemasan
- Sistem penutup kemasan
- sistem kompartemen kemasan
- sistem lipatan kemasan
- Unsur Kemasan Tradisional : Penampilan
- Unsur Kemasan Tradisional : Aroma
- Unsur Kemasan Tradisional : Konstruksi dan Sustainability
- PR Package pt. 1
- PR Package pt. 2
- PR PACKAGE Study Case : Unboxing Experience
Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning
Blended Learning (Praktek Offline dan Online)Id CLO Bobot per Bentuk Penilaian
TOTAL BOBOT PER CLO TUGAS 1 TUGAS 2 TUGAS BESAR CLO 01 20% 20% CLO 02 40% 20% CLO 03 40% 20% Total per penilaian 20% 40% 40% 60%
Best Practice (Tips dan Trick) Mempelajari Mata Kuliah
Pemahaman mengenai proses pengemasan, karakter produk, distribusi, hingga strategi branding dari produk yang akan dikemas memiliki peranan penting dalam memudahkan proses desain kemasan yang akan dibuat.
Sertifikasi yang berkorelasi dengan mata kuliah:
1. 3D Max Sudio
2. Rhino Esensial
3. Adobe
Referensi Mata Kuliah
Pustaka
Utama :
Klimchuk, Marianne Rosner and Krasovec, Sandra A, PACKAGING DESIGN : Successful Product Branding from Concept to Shelf, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey, 2012. ISBN 978-1-118-02706-6
Wheeler, Alina. Designing Brand Identity: A Complete Guide to Creating, Building and Maintaining Strong Brands. Hoboken, N.J: John Wiley, 2006.
Pustaka Pendukung:
Fisher, Tom (Thomas Henry Sutton), Designing for re-use : the life of consumer packaging, Earthscan,London, 2010. ISBN : 978-1-84407-487-7
Matakuliah Syarat
GAMBAR TEKNIK
- WEEK 1: Primary Display Panel & Regulatory Information
Selamat bertemu di
Primary Display Panel & Regulatory InformationCAPAIAN PEMBELAJARAN
- Mahasiswa Mampu merancang perwajahan kemasan
- Mahasiswa mampu membuat sebuah gagasan sketsa studi dengan merancang alternatif desainnya secara terstuktur.
MATERI PEMBELAJARAN
Perwajahan: PDP
The primary display panel, also known as the principal display panel or PDP, is the area on the packaging design reserved for the brand identity and all of the primary communication elements. Whatever the overall structure of the packaging design, this area is considered the front. Its size and shape is important, since the PDP holds great responsibility for communicating the brand's marketing strategy. In a competitive retail environment, the front of the packaging design needs to capture attention.
- Pokok Bahasan 2: Jenis-jenis kemasan Selamat bertemu di pokok bahasan 2 e learning tentang Jenis-jenis kemasanCAPAIAN PEMBELAJARAN
- Mahasiswa Mampu memahami secara utuh pengaruh efektif sebuah kemasan
- Mahasiswa mengerti pengaruh kemasan terhadap perkembangan produk sehari-hari yang ada di masyarakat.
MATERI PEMBELAJARANJenis-jenis kemasan
- Pokok Bahasan 3: Fungsi kemasanSelamat bertemu di pokok bahasan 3 e learning tentangFungsi kemasanCAPAIAN PEMBELAJARAN
- Mahasiswa Mampu memahami secara utuh pengaruh efektif sebuah kemasan
- Mahasiswa mengerti pengaruh kemasan terhadap perkembangan produk sehari-hari yang ada di masyarakat.
MATERI PEMBELAJARANFungsi kemasan
- ADDITIONAL LEARNING MATERIALS (PACKAGING SURFACE)
Berikut adalah suplemen pembelajaran desain kemasan yang dapat disimak untuk memperkaya pemahaman mengenai Desain Kemasan.
- Penggunaan Brand House untuk dasar konsep Branding dan memahami konsumen.