Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman mendalam kepada mahasiswa tentang penciptaan nilai ekonomi dan sosial di sejumlah sektor/bidang termasuk pengentasan kemiskinan, energi, kesehatan, dan sustainability. Mahasiswa akan belajar untuk berpikir secara strategis dan bertindak secara oportunistis dengan pola pikir bisnis yang sadar sosial. Topik akan mencakup penilaian masalah/peluang, memperoleh sumber daya yang diperlukan untuk menumbuhkan usaha sosial, dan trade-offs investasi sosial dan finansial. Mahasiswa juga akan mendapatkan paparan berbagai model organisasi sosial yang membuat kemajuan nyata dan mampu melayani populasi termiskin di dunia. Pada akhirnya, rencana bisnis usaha sosial akan memfasilitasi berbagi pengetahuan, praktik dan pembelajaran terbaik dari proses peluncuran usaha sosial.
Pustaka :- Social entrepreneurship: Managing the creation of social value Beugré, C. (2016). Social entrepreneurship: Managing the creation of social value. Routledge.
-Social Entrepreneurship : mengubah masalah social menjadi peluang usaha. Kaswan,MM. & Drs. Ade Sadikin Akhyadi, MSi. (2014).
Topic outline
- General
- pertemuan 6
- pertemuan 7
- pertemuan 8
- pertemuan 9