Topic outline

  • Image result for personal branding

    Penjenamaan Diri adalah 2 SKS yang berfokus pada konsep dasar dan aplikasi membangun jenama diri. Selama 16 minggu pertemuan, mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah, wicara publik dan jenama diri sebagai keterampilan komunikasi dasar sebagai mata kuliah yang mendukung hasil pembelajaran:


    Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar, penemuan diri, strategi, estetika optimisme, dan penerapannya dalam membangun jenama diri di media sosial, seperti Instagram. Pembelajaran lengkap mingguan adalah sebagai berikut:

    Adapun assessment akan dilakukan dengan struktur sebagai berikut:


  • Meet Anthony Kelly, Digital Anthropologist | L'Atelier

    Antropologi digital adalah studi tentang bagaimana teknologi digital, termasuk internet, media sosial, perangkat seluler, dan platform virtual, memengaruhi dan membentuk perilaku, budaya, dan masyarakat manusia. Sebagai disiplin antropologi, ini menyelidiki hubungan antara teknologi dan pengalaman manusia, dengan penekanan pada bagaimana alat digital mengubah komunikasi, struktur sosial, identitas, dan praktik budaya. Minggu ini kita akan menyelami lebih dalam penggunaan Antropologi untuk personal branding.

  • Image result for SOCIAL CONSTRUCTS

    Konstruksi sosial adalah gagasan, praktik, atau fenomena yang diciptakan dan diabadikan oleh budaya daripada menjadi fakta fundamental, alami, atau universal. Mereka adalah hasil dari kesepakatan kolektif manusia dan berkembang sepanjang waktu, sering memengaruhi bagaimana individu memandang dan menavigasi lingkungan. Konstruksi ini berdampak pada norma, peran, dan harapan sosial di berbagai bidang kehidupan. Minggu ini kita akan belajar bagaimana konstruksi sosial akan membantu kita memberi merek kepada diri kita sendiri.

  • Image result for SOURCE OF CREATIVITY

    Kreativitas didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide, solusi, atau representasi artistik yang segar, unik, atau inventif. Ini penting dalam banyak aspek kehidupan, mulai dari kreativitas dan inovasi hingga penyelesaian masalah dan pengembangan pribadi. Meskipun konsep kreativitas mungkin tampak misterius, konsep kreativitas sering didorong oleh campuran pengalaman internal, proses kognitif, dan faktor eksternal. Memahami sumber kreativitas dan bagaimana pengalaman mempengaruhinya dapat membantu kita dalam membuka dan memelihara kapasitas manusia yang kuat ini. Minggu ini kita akan mengeksplorasi kreativitas kita untuk meningkatkan personal branding kita.

  • Image result for the optimism yellow

    Estetika optimisme adalah ekspresi visual, artistik, atau sensorik optimisme sebagai pandangan optimis atau harapan tentang kehidupan, masa depan, dan potensi manusia. Dalam seni, desain, dan budaya, optimisme dapat diekspresikan melalui warna, bentuk, komposisi, dan tema naratif yang menciptakan sentimen kegembiraan, kemungkinan, dan regenerasi. Ini mendorong kita untuk melihat dunia melalui mata keindahan, harapan, dan potensi, menekankan pengalaman positif, berpikiran maju, dan menegaskan. Minggu ini kita akan belajar menggunakan optimisme sebagai struktur merek pribadi kita.