Situs blog
Panduan Troubleshoot gagal login CeLoe-LMS Tel-U sangat berguna terutama bagi mahasiswa baru. Bermanfaat juga bagi mereka yang jarang menggunakan Learning Management System.
Panduan troubleshoot gagal login CeLoe-LMS disebabkan oleh beberapa faktor. Tersedianya panduan tersebut mempermudah mahasiswa dalam menggunakan platform LMS Telkom University tersebut.
Apa saja penyebab gagal login di CeLoe? Berikut uraianya
2 Penyebab Panduan Troubleshoot Gagal Login Celoe-LMS
Panduan troubleshoot gagal login CeLoe-LMS dibuat bagi mereka yang kesulitan login pada platform LMS Telkom University yaitu CeLoe.
Berikut 2 penyebab gagal login di platform CeLoe.
Belum ganti password di IGracias Telkom University
IGracias adalah layanan elektronik bagi civitas akademi Telkom University untuk kepentingan akademi maupun non akademi. Untuk bisa menggunakannya anda harus membuat akun terlebih dahulu.
Caranya mudah untuk masuk Single Sign on IGracias. Caranya yaitu dengan memasukkan Nomor Peserta dan tanggal lahir di kolom yang disediakan. Lalu masukan juga kode captcha, kemudian submit.
Selanjutnya akan terbuka kotak yang harus diisi dengan username dan password pertama. Username, jika sudah ada yang menggunakan, maka bisa diganti agar unik. Mengenai password awal, merupakan kombinasi huruf yang tidak termasuk angka, terdiri dari 8 hingga 12 karakter.
Sebelum masuk ke platform CeLoe, anda harus mengganti password yang dibuat di awal tadi dengan yang baru. Password kedua ini harus termasuk kategori 'Strong'.
Baca Juga : Mengulas Akreditasi PJJ Telkom University
Kesalahan sering ada di sini. Mahasiswa baru kerap lupa, bahwa sebelum login ke CeLoe maka password pertama harus diubah agar lebih aman. Perubahan password bisa dilakukan di IGracias.
Username salah
Untuk login di CeLoe mahasiswa baru harus menggunakan username IGracias dan diberi akhiran Office 365,. Contohnya usernameigracias.365.telkomuniversity.ac.id.
Jika tidak bisa berarti username di IGracias belum tersinkronisasi di IGracias. Penyebabnya adalah karena password yang belum termasuk kategori Strong.
Syarat password IGracias yang Strong adalah yang terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, simbol khusus yang diperbolehkan (!{}*"$@), dan jangan mengandung username.
Jika password sudah Strong dan disetujui, maka bisa masuk kembali ke IGracias dengan password baru agar tersinkronisasi. Jika berhasil, maka mahasiswa baru pasti bisa login ke CeLoe dengan password baru.
Panduan troubleshoot gagal login CeLoe-LMS bisa membantu mengatasi kesulitan login di CeLoe. Panduannya juga bisa ditemukan di FAQ mengenai CeLoe di https://faq.telkomuniversity.ac.id/archive. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Pembelajaran online sangat dibantu oleh teknologi LMS. Telkom University pelopor penggunaan CeLoe LMS dalam proses pendidikan. Kenali apa itu CeLOE lebih lanjut.
Sebagai universitas berbasis teknologi komunikasi, Telkom University berupaya menghadirkan CeLoe sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh. Keunggulannya tentu saja lebih praktis dan fleksibel. Kenali apa itu CeLoe selengkapnya.
Baca Juga : Mengulas Akreditasi PJJ Telkom University
Lebih Lanjut Mengenai Apa Itu CeLoe LMS
CeLeo merupakan platform untuk mendukung proses pembelajaran berbasis online. Aplikasi ini digunakan baik prodi regular maupun PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) oleh civitas akademika Telkom University.
CeLoe menggunakan LMS (Learning Management System) dimana pengguna sebelumnya harus login melalui SSO365. Jadi pastikan mahasiswa sudah mempunya akun SSO365 sebelum masuk ke sistem CeLoe Telkom.
Aplikasi ini sangat membantu proses belajar mengajar. Dosen dapat memuat berbagai bahan ajar yang dapat diakses secara bebas oleh mahasiswanya. Sementara peserta didik memperoleh kemudahan dalam mendapat materi pelajarannya.
Kedepannya sistem seperti ini akan berkembang pesat seiring kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Modernisasi menuntut segala hal harus instant dan praktis. CeLoe LMS menyuguhkan segala kemudahan tersebut.
Untuk bisa mengakses apa itu CeLoe LMS Telkom University, ikuti langkah berikut:
-
Klik link berikut untuk melakukan akses ke ceLOE-LMShttp://lms.telkomuniversity.ac.id
-
Temukan “login” pada pojok kanan atas, kemudian pilih “Connect with Office 365”
-
Lakukan login menggunakan akun “SSO Office 365” masing-masing. Jadi pastikan masing-masing mahasiswa sudah siap dengan akun SSO Office 365nya.
-
Kemudian masukan password SSO yang diminta. Lalu klik “next” maka akun LMS akan terbuka.
-
Isi data diri untuk melengkapi profil yang diminta. Setelah profil terisi lengkap, klik “submit”.
-
Lalu “klik” Mata Kuliah yang hendak dibuka. Aktifitas belajar bisa dilanjutkan sesuai kebutuhan masing-masing.
Baca Juga : Learning Management System Login Tel-U untuk Kemudahan Online Learning
Menjawab seputar apa itu CeLOE telah diuraikan dengan jelas di atas. Pastinya dengan sistem ini, pembelajaran terasa lebih mengasyikan. Mahasiswa tidak akan bosan dengan bahan-bahan ajar konvensional. Karena dari CeLoe, berbagai bahan ajar dapat diunduh dengan mudah. Pembelajaran seperti ini pasti akan semakin berkembang ke depannya. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Pembelajaran online kini marak dilakukan. Salah satunya kampus pionir telekomunikasi ini. Cari tau akreditasi PJJ Telkom University
Pesatnya perkembangan telekomunikasi menyebabkan pembelajaran kini bisa dilakukan di mana saja. Telkom mengadopsi hal tersebut menjadi fakultas yang berdiri sendiri. Maka berdirilah salah satu fakultas khusus Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Berikut ulasan akreditasi PJJ Telkom University.
Mengenai Akreditasi PJJ Telkom University
Program Studi S1 PJJ Informatika merupakan prodi yang khusus melakukan pembelajaran jarak jauh. Proses belajar mengajar dilakukan secara online dengan berbagai media daring. Telkom University seakan menjadi pionir yang berani melaksanakan pendidikan 100 persen berbasis teknologi.
Mahasiswa dibuat terbiasa melek teknologi sehingga lebih mampu bersaing di era digital ini. Meski dilakukan sepenuhnya online, tetapi capaian yang diharapkan tetap sama dengan kelas regular.
PJJ memiliki keunggulan yaitu mampu menjangkau seluruh kalangan masyarakat bahkan hingga luar pulau Jawa. Sehingga jarak bukanlah lagi suatu penghalangan. Kepraktisan adalah salah satu aspek dominan dari PJJ ini. Tapi tetap dengan standar kualitas yang baik.
Kualitas suatu jurusan, dapat dilihar dari akreditasinya. Akreditasi merupakan predikat yang diberikan kampus khusus oleh BAN-PT. Hal ini dipakai sebagai acuan standar dalam menentukan kualitas suatu Lembaga pendidikan.
Untuk Akreditasi PJJ Telkom University dilaksanakan pada 7 Juli 2019. Lembaga akreditasi menyematkan predikat BAIK untuk S1 PJJ Informatika Telkom University. Nantinya akreditasi ini akan diperbaharui lagi setiap 5 tahun sekali. Sehingga dapat menjadi ajang bagi prodi untuk meningkatkan kualitasnya lebih terdepan lagi.
Keunggulan Kuliah Jarak Jauh
Adapun keunggulan-keunggulan yang diberikan dari perkuliah jarak jau meliputi:
-
Waktu kuliah yang fleksibel, bisa disesuaikan dengan kegiatan lain. Sehingga mahasiswa dapat kuliah sembari bekerja.
-
Biaya kuliah lebih terjangkau karena tidak perlu membayang uang gedung, dan hal lain terkait.
-
Kualitas dan standar pendidikan sama dengan peserta kuliah regular.
-
Dilakukan 100 persen online. Tidak ada batasan jarak yang menjadi penghalang. Sehingga dapat menjangkau mahasiswa di luar pulau jawa.
Kualitas mutu suatu lembaga pendidikan memang ditentukan oleh akreditasinya. Sehingga calon peserta didik tidak perlu ragu mengenai peredikat akreditasi PJJ Telkom University. Kampus ini memberikan yang terbaik sehingga menghasilkan lulusan berkualitas. Hingga nantinya dapat bersaing di dunia kerja. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Sebagai mahasiswa, tentu dituntut untuk belajar secara mandiri. Termasuk mencari sumber ilmiah untuk tugas atau skripsi. Google scholar jurnal membantu memecahkan masalah ini dalam sekejap
Sebelum era digital, jurnal dan artikel ilmiah harus dicari di perpustakaan. Namun sekarang, jutaan jurnal, artikel ilmiah, dan sumber referensi lain dapat diperoleh dengan sekali klik di google scholar jurnal. Bukan hanya karya ilmiah dalam bahasa Inggris, tetapi jurnal dalam bahasa Indonesia dan sepuluh bahasa asing lainnya dapat ditemukan di situs ini.
Baca Juga : Informasi Akurat Google Scholar Pendidikan
Mengenal Google Scholar Jurnal
Google Scholar jurnal adalah produk dari Google. Prinsip kerjanya tidak jauh berbeda, yaitu mesin pencari. Fasilitas ini telah ada sejak 2004 dan bertujuan untuk mempermudah user mencari sumber referensi dan catatan kaki.
Setelah membuka Google Scholar di peramban, user akan diarahkan ke interface situs. Isi nama jurnal, jenis, bidang studi, atau topik pada kolom yang tersedia dan mesin pencari akan menunjukkan hasil-hasil yang relevan.
Asyiknya, di situs ini juga terdapat beberapa fitur yang sangat membantu pencarian. Misalnya fitur My Library yang berfungsi untuk menyimpan hasil pencarian agar dapat dibaca nanti. Cara menambahkan artikel ke dalam My Library adalah dengan menekan tanda bintang yang muncul di bawah setiap hasil pencarian.
Fitur lain yang juga membantu adalah penyaring hasil pencarian. Pengguna dapat mengaturnya berdasarkan tanggal maupun relevansi. Jika per tanggal, dapat pula ditentukan akan mencari artikel atau jurnal di tahun berapa. Hal ini akan sangat memudahkan agar hasil yang keluar lebih rinci dan relevan dengan yang diharapkan pengguna.
Membuat Akun Google Scholar
Bagi user yang memiliki jurnal, penelitian atau artikel ilmiah, dapat mendaftarkan email Google-nya untuk membuat akun di situs ini. Caranya hampir sama dengan membuat akun di produk Google lainnya. Setelah memasukkan akun dan mengisi formulir secara lengkap, maka lakukan:
-
Klik ‘Tambahkan Artikel’ agar Google dapat menyarankan beberapa artikel yang terkait dengan nama user. Jika belum ada, klik sembarang artikel dan klik tanda panah.
-
Setting update artikel. Pilih opsi ‘Melalui Verifikasi Email’ agar Google dapat menyaring dan melakukan verifikasi dahulu ke email user sebelum menambahkan artikel.
-
Klik ‘Jadikan Profil Saya Untuk Umum’ dan klik ‘Selesai’ agar akun dapat diakses oleh publik.
-
Hapus artikel milik orang lain yang ditambahkan di awal, dan mulailah mengisi akun dengan artikel dan jurnal milik sendiri.
Mudah sekali bukan menggunakan dan membuat akun di Google Scholar jurnal? Mencari artikel ilmiah tidak lagi membingungkan dan memakan waktu lama. Semoga bermanfaat. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi sama sekali tidak sulit di Tel-U. gunakan Learning Management System login dan dapatkan semua materi perkuliahan.
Telkom University selalu memberikan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan mudah diakses kepada mahasiswanya. termasuk platform belajar jarak jauh yang disebut LMS (Learning Management System) e-Learning Telkom University. Mahasiswa cukup menggunakan Learning Management System login untuk mengakses materi kuliah, tugas, dan bahan ajar lainnya.
Cara Menggunakan Learning Management System Login
Untuk dapat mengakses bahan ajar, mahasiswa harus masuk ke laman Learning Management System login. Namun sebelumnya, harus membuat akun terlebih dahulu dengan memasukkan username dan password, lalu klik ‘Sign Up’. Saat login, cukup masukkan kembali username dan password yang sudah dibuat tadi.
LMS ini berbasis Moodle dan digunakan khusus oleh entitas di Telkom University dalam melakukan pembelajaran berbasis Asynchronous. Baik oleh dosen, mahasiswa reguler maupun PJJ.
Pengguna dapat login dengan menggunakan SSO365 lalu melakukan interaksi belajar sesuai skenario pengelolaan kelas online learning. Termasuk mengikuti petunjuk dan instruksi online learning. Bagi mahasiswa yang baru menggunakan LMS ini dan belum mengerti caranya, tidak perlu khawatir. Ada OLETS (Online Learning Experience for Tel-U Students).
OLETS adalah short course bagi para mahasiswa yang belum memiliki pengalaman mengakses LMS. kursus singkat ini dapat diakses dengan mengklik tautan yang terdapat di halaman utama situs LMS.
Sementara bagi dosen yang memerlukan tutorial penggunaan LMS juga ada Tutorial Pengembangan dan Delivery Pengajaran Online yang juga dapat diakses melalui tautan di halaman utama situs LMS.
LMS Telkom University dikembangkan oleh UPT Pendidikan Jarak Jauh Tel-U. Sarana ini sangat membantu mahasiswa agar dapat belajar secara mandiri namun tetap terintegrasi dengan komponen kelas daringnya.
Selain belajar memakai materi dari LMS, mahasiswa juga dapat berkomunikasi dengan sesama teman sekelas dan dosen pengampu melalui beberapa aplikasi. Seperti online group chatting, game atau simulasi kasus, maupun diskusi secara kelompok.
tidak ada kata sulit untuk belajar dengan sistem jarak jauh di Tel-U. Dengan digital content learning di laman Learning Management System login, mahasiswa dapat belajar mandiri dan mendapat materi perkuliahan yang sama dengan kelas reguler. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Pembelajaran online pada masa pandemi adalah masa-masa sulit beradaptasi. Perkuliahan online menuntut utilitas online yang mumpuni agar mahasiswa mengikuti kuliah dengan efektif
Pembelajaran online pada masa pandemi dibayangi oleh berbagai kendala. Maklum saja model belajar daring baru populer saat teknologi informasi berkembang.
Kendala apa saja yang biasanya hadir saat pembelajaran online? Berikut ulasannya.
2 Kendala Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi
Pembelajaran online pada masa pandemi bagi mahasiswa seharusnya tidak sesulit seperti bagi mereka yang masih di SD, SMP, dan SMA. Oleh karena mahasiswa harusnya sudah memiliki kemampuan mandiri yang lebih baik dari para pelajar dasar dan menengah tersebut.
Berikut 2 Kendala Pembelajaran Online yang kerap menjadi alasan utama gagalnya memahami materi perkuliahan.
Gadget dan sinyal tak memadai
Gadget tak memadai adalah hal utama yang menyulitkan di Indonesia. Kemampuan membeli gadget dan buruknya penerimaan sinyal adalah faktor utama buruknya hasil belajar mahasiswa. Belum lagi soal kuota yang cepat menipis.
Hal tersebut bisa diatasi jika dosen memiliki referensi yang lengkap. Misalnya bentuk referensi bisa dalam pdf atau buku fisik, sehingga bisa mencari sendiri tanpa bergantung pada gadget.
Kerja kelompok dengan mahasiswa lain yang lokasinya tidak terlalu jauh adalah jalan keluar lain. File hasil belajar kelompok tersebut bisa dicopy atau diprint.
Kurangnya waktu untuk beradaptasi
Metode luring yang sudah berlangsung sejak kemerdekaan saja masih terus-menerus dikembangkan hingga pandemi datang. Apalagi metode daring yang akhirnya dipakai karena ancaman virus.
Perlu banyak waktu dan kajian untuk menyempurnakan berbagai elemennya. Begitu pula waktu adaptasi agar mahasiswa bisa menentukan ritme kuliah daring yang nyaman dan kondusif.
Kesulitan di masa daring dan luring sebenarnya tak jauh berbeda. Perbedaan jelasnya hanyalah saat daring mahasiswa tidak terlalu bosan karena ada pergaulan dan kegiatan kemahasiswaan yang menjadi selingan. Sedang metode daring membuat mereka terkurung di rumah dan kewalahan menjalani beragam perkuliahan tanpa jeda yang menghibur. Belum lagi jika berbicara mengenai sifat introvert dan ekstrovert manusia.
Pembelajaran online pada masa pandemi adalah kegiatan mendadak tanpa persiapan yang membuat semua pihak terkaget-kaget. Padahal dibutuhkan waktu yang cukup untuk beradaptasi dan membentuk pola pembelajaran terbaik. Beruntung Tel-U sudah membuat program online learning sejak 2018, sehingga bisa menekan masa adaptasi menjadi lebih singkat. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Program online learning sebelum pandemi hanya dilihat sebagai keunggulan perguruan tinggi. Sekarang program tersebut banyak dicari karena lebih sempurna dari PJJ untuk reguler.
Program online learning atau atau full online sudah banyak diadakan oleh berbagai perguruan tinggi. Tujuannya untuk memfasilitasi perkuliahan jarak jauh yang lebih hemat tapi berkualitas.
Apa kendala perkuliahan jarak jauh atau full online learning ini? Berikut uraiannya
3 Kendala Program Online Learning
Program online learning lebih banyak diterapkan oleh perguruan tinggi swasta daripada negeri. Mungkin karena kebanyakan peserta program ini adalah karyawan yang tidak siap melewati persyaratan pendaftaran dengan banyak tes.
Berikut tiga kendala perkuliahan online ini.
Jurusan yang Terbatas
Kuliah full online hanya bisa dilakukan pada beberapa jurusan yang bisa melakukan praktikum di rumah. Prodi demikian adalah seperti Teknik Informatika, Hukum, Management dsb.
Untuk jenis prodi lain, banyak kampus yang mengadakan konsep blended learning. Biasanya perkuliahan online hanya berlangsung untuk beberapa jenis mata kuliah yang bisa berlangsung online. Fungsinya untuk menambah nilai kredit saja.
Perkuliahan model blended terutama banyak dilakukan di perguruan tinggi negeri. Sementara untuk full online lebih banyak dilakukan kampus swasta, salah satunya adalah Telkom University. Hal ini dikarenakan yang mengikuti perkuliahan full online kebanyakan karyawan yang sukar mengikuti perkuliahan blended atau reguler.
Baca Juga : Biaya Online Learning Telkom University, Nominal Dan Rinciannya
Mandiri
Perkuliahan online learning identik dengan kemandirian. Mahasiswa harus aktif bergerak mencari konten pembelajaran sesuai arahan. Tidak semua kampus siap dengan konten yang bisa diakses di platform LMS-nya. Hanya sebagian kecil yang sudah siap dan salah satunya adalah Telkom University.
Kemandirian bisa menjadi kendala bagi yang tidak siap dengan konsep online learning. Belum lagi mengaturnya dengan keterbatasan waktu dan kemampuan memiliki gadget. Seratus persen keberhasilan program ini bergantung kepada si mahasiswa itu sendiri.
Baca Juga : Kuliah Online Telkom University Jadi Pilihan? Ini Keunggulannya
LMS
Learning management system adalah hal penting yang harus disiapkan dalam online learning. Semakin matang platform LMS yang ada, semakin lancar proses perkuliahan berjalan.
Telkom University dengan CeLoe-nya menyediakan berbagai utilitas bagi kelancaran PJJ. Tersedia grup diskusi, grup chat online, fasilitas simulasi game/kasus, konten berbentuk file dan video, dan lain sebagainya.
Program online learning mesti dibarengi kemandirian dan LMS yang mendukung. Keberhasilan program ini juga sepenuhnya bergantung pada mahasiswa yang berkemauan keras dan disiplin. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
pandemi belum sepenuhnya berakhir, sementara pendidikan harus terus berjalan. Kuliah online Telkom University adalah pilihan tepat dari berbagai sisi.
Menjalani perkuliahan di masa pandemi memiliki tantangan tersendiri karena tidak bisa menjalani kelas tatap muka. Namun di sisi lain, hal ini membuka peluang untuk berkuliah tanpa batasan geografi. Bagi calon mahasiswa yang ingin menjalani pendidikan jarak jauh, kuliah online Telkom University adalah pilihan tepat.
Keunggulan Kuliah Online Telkom University
Selain ditaja oleh lembaga pendidikan berkelas yang terkenal integritasnya, PJJ di Telkom University juga memiliki banyak keunggulan. Yaitu:
Perkuliahan seluruhnya online
Sesuai namanya, kuliah online Telkom University dilakukan 100 persen online sehingga siapa saja dari daerah manapun di Indonesia dapat mendaftar. Bahkan bagi calon mahasiswa dari Indonesia timur, terdapat pusat belajar jarak jauh di Makassar untuk kemudahan mengakses perkuliahan.
Materi kuliah akan diberikan dalam bentuk soft file, simulasi dan video yang dapat diakses kapan dan dimana saja. Sedangkan mahasiswa dapat mengerjakan tugas-tugas secara mandiri maupun berkelompok. Begitupun saat PKKMB, ujian (dalam pengawasan), bimbingan dan sidang skripsi.
Waktu kuliah fleksibel
PJJ Telkom University diselenggarakan secara Asynchronous (belajar mandiri) dan Synchronous (tatap muka online) melalui Learning Management System (LMS). Karenanya jam belajar pun fleksibel dan dapat ditentukan oleh mahasiswa sendiri.
Hal ini tentu sangat membantu mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Juga mereka yang berdomisili di daerah dengan perbedaan wilayah waktu.
Kualitas pendidikan terjamin unggul
Telkom University telah menelurkan ribuan sarjana yang berkualitas unggul dan dapat bersaing di dunia kerja. Selain kurikulum dan materinya yang didesain khusus dan relevan dengan industri terkini, juga diampu oleh dosen-dosen profesional.
Biaya pendidikan sangat terjangkau
Untuk biaya pendaftaran hanya Rp400.000. sedangkan biaya perkuliahan hanya Rp450.000 per SKS. Untuk informasi lebih lengkap dapat diakses di website smb.telkomuniversity.ac.id.
Prospek lulusan dan gelar sama dengan kelas reguler
Tentu saja, karena yang membedakan kelas online dengan reguler hanyalah metode perkuliahannya saja. Mahasiswa kelas online juga akan melaksanakan wisuda di gedung Telkom University bersama kelas reguler.
Melihat keunggulan yang dimilikinya, pantas jika kuliah online Telkom University menjadi pilihan utama. Segera akses informasinya karena pendaftaran hanya dibuka hingga tanggal 25 Maret 2022. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Masalah biaya pendidikan adalah hal yang krusial. Namun tidak perlu khawatir mengenai biaya online learning Telkom University. Selain terjangkau juga sepadan dengan ilmunya.
Selama masa pandemi, Telkom University melaksanakan kelas PJJ. Kelas ini memiliki banyak kemudahan, termasuk biaya online learning Telkom University yang terjangkau bagi mahasiswa. Pendaftaran untuk kelas Pembelajaran Jarak Jauh Tel-U sudah dibuka, dan berikut adalah rincian biayanya.
Biaya Online Learning Telkom University
Ada beberapa jenis biaya online learning Telkom University yang menjadi kewajiban mahasiswa. Yaitu biaya pendaftaran, biaya pembangunan, uang sumbangan dan SPP per semester. Berikut adalah penjelasan untuk setiap jenisnya.
Uang pembangunan
Disebut UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan). Biaya ini hanya dibayarkan satu kali di awal perkuliahan. Jika calon mahasiswa batal kuliah di Tel-U karena tidak lulus UN, maka biaya ini akan dikembalikan. Namun akan hangus bila batal kuliah karena diterima di universitas negeri.
Baca Juga : Digital Marketing LMS adalah Teknologi Daring Terbaik
Uang sumbangan
Nama resminya adalah SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler). Seperti halnya UP3, biaya ini juga dibayarkan satu kali saja. SDP2 akan dikembalikan jika calon mahasiswa tidak lulus UN atau diterima di universitas negeri.
SPP per semester
BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) dibayarkan setiap semester dan akan dikembalikan jika calon mahasiswa tidak lulus UN atau diterima di universitas negeri.
Lantas, bagaimana dengan biaya kelas PJJ? Kabar baiknya, khusus kelas online atau PJJ bebas dari uang pembangunan dan uang sumbangan. Hanya ada uang pendaftaran Rp400.000 (dibayarkan saat mendaftar) serta BPP sebesar Rp450.000 per SKS.
Besarnya BPP tersebut untuk tingkat D3 dan S1 dari jalur reguler. Sedangkan untuk pasca sarjana adalah Rp900.000 per SKS. Untuk biaya pendaftaran dibayarkan dengan membeli token di bank rekanan sedangkan BPP dapat melalui transfer ke rekening.
Segera buka laman website smb.telkomuniversity.ac.id dan unduh form-nya. Pendaftaran online learning hanya dibuka hingga 25 Maret 2022. Sedangkan tes akan dilakukan secara online pada tanggal 27 Maret 2022.
Baca juga : Kelebihan dari Memanfaatkan Learning Management System
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa biaya online learning Telkom University sangat terjangkau. Apalagi jika ditilik dari kualitas perkuliahan dan bobot ilmu yang didapat. Karenanya tidak perlu ragu untuk mendaftar menjadi mahasiswa kelas online Tel-U. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.
Tak mau ketinggalan! Pembelajaran Telkom University keluarkan aplikasi belajar daring. Digital marketing LMS adalah solusinya.
Telkom University selalu mengedepankan teknologi di setiap aspek pendidikan. Dikeluarkannya digital marketing LMS adalah salah satu bukti keunggulannya. Sebagaimana visi misi mereka, untuk selalu menjadi pelopor pendidikan berbasis teknologi terdepan.
Digital Marketing LMS adalah Solusi Pembelajaran Daring
Pandemi memaksa orang-orang untuk melibatkan teknologi di setiap aspek. Tidak terkecuali pendidikan. Kini pembelajaran online seakan adalah hal yang lumrah. Berbagai sistem yang mendukung pembelajaran berbasis daring pun bermunculan. Kemudahan yang ditawarkan, memberi angin segar dalam sistem pendidikan di Indonesia.
Telkom University salah satunya. Teknologi merupakan bagian visi misi mereka sebagai penyelenggara pendidikan. Sehingga tidak mengherankan lulusannya terintegrasi sedemikian rupa terhadap kemajuan teknologi. Untuk itu Telkom University meluncurkan LMS sebagai pendukung pembelajaran di era digitalisasi ini.
Sistem ini tidak saja berguna selama pandemi, tetapi juga dapat digunakan seterusnya. Hal ini searah dengan perkembangan era digital. Dimana semuanya menuntut dilakukan serba daring dengan alasan kepraktisan. LMS membantu memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar dengan efisien.
Digital Marketing LMS adalah suatu sistem marketing yang didesain khusus untuk pengelolaan kursus online. Pengelolaan tersebut mencakup: pendistribusian materi ajar, dan memungkinkan kolaborasi antara pengajar dan peserta didik.
Baca Juga : Manfaat Menerapkan Learning Management System dalam Pendidikan
LMS memungkinkan pengelolaan setiap aspek pembelajaran meliputi:
1. Pendaftaran peserta didik
2. Penyimpanan hasil tes
3. Penerimaan tugas secara digital
4. Komunikasi efektif dosen dengan mahasiswa
Telkom University sendiri menggunakan LMS berbasis moodle yang digunakan sebagai enthitas Universitas. Model pembelajaran yang digunakan berbasis Asynchronous. Hal ini berarti pembelajaran menggunakan metode yang lebih santai namun tepat sasaran. Materi disampaikan melalui e-learning, podcast, PDF, rekaman, maupun video.
Pengembangan aplikasi LMS dilaksanakan dan dikembangkan oleh Unit Pelaksana Pendidikan Jarak Jauh (UPJJ) Telkom University.
Baca Juga : Yang Ditawarkan Dari Learning Management System
Teknologi memang memudahkan komunikasi, sehingga pembelajaran dapat dilakukan dimana saja. Digital Marketing LMS adalah salah satu solusinya. Tentu pihak Telkom University akan terus mengembangkan LMS ini menjadi semakin baik. Untuk itu mahasiswa perlu melakukan update jika pihak kampus melakukan maintence berkala. Hal ini dilakukan untuk pemeliharaan jaringan dan aplikasi. Sehingga pembelajaran semakin lancar. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk pembahasan lebih lanjut.