- Selamat datang di matakuliah Ekonomi Politik Media Digital.Saya Catur Nugroho, dosen koordinator matakuliah ini.Ekonomi Politik Media Digital merupakan matakuliah yang memberi dasar pemahaman dan kemampuan menganalisis kepada mahasiswa tentang media (media massa dan media baru) dan proses produksi, distribusi dan konsumsi teks media yang dipahami sebagai proses konstruksi yang merepresentasikan kepentingan ekonomi dan politik media. Termasuk dalam konteks itu adalah bagaimana kekuatan ekonomi dan kebijakan negara (politik) mempengaruhi perkembangan industri media dan isi media (media content) di Indonesia maupun di dunia.Capaian Pembelajaran Lulusan matakuliah Ekonomi Politik Media Digital adalah :
- Memahami proses dan dampak aspek ekonomi politik terhadap konten dan lembaga media, baik di Indonesia maupun dalam lingkup internasional.
- Memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis, analitis, kreatif terhadap lembaga media yang dipengaruhi oleh kekuatan ekonomi dan politik nasional maupun global.
- Mengidentifikasikan keterkaitan dan hubungan saling mempengaruhi antara variabel-variabel ekonomi dan politik media
- Menjelaskan ruang lingkup dan teori ekonomi politik media
- Menunjukkan hubungan antara kekuatan ekonomi dan politik dengan industri dan isi media dalam pendekatan ekonomi politik dan mengaitkannya dengan kasus
- Menyimpulkan
dan mengkritisi hubungan pekerja dan pemilik media dalam konteks ekonomi
politik di lingkup nasional maupun global
Referensi :- Marx and The Political Economy of Media, Christian Fuchs and Vincent Mosco. Library of Congress Cataloging in Publication Data. 2015.
- Medianomics; Ekonomi Politik Media di Era Digital, Catur Nugroho, Kencana Prenada Media. 2023.
- Social Media A Critical Introduction, Christian Fuchs, Sage Publication. 2014
- The Political Economy of Communication, Vincent Mosco.
Sage Publication. 2009.
-
Reading
Marx in The Information Age, Christian Fuchs. Taylor & Francis. 2016.
Topic outline
- Prologue
- Pertemuan 1
Materi tentang Pengantar Ekonomi Politik Media dan Perspektif Kritis Kajian Media silahkan diunduh dan dibaca
Video Materi Pertemuan Ke-1
- Pertemuan Ke-2
Materi pertemuan ke-2 tentang konsep pasar dan ekonomi media, terdiri atas :
- Produksi konten media
- Distribusi media
- Konsumsi Konten Media
- Konsep Prosumer
- Pertemuan Ke-3
Materi tentang Struktur Kepemilikan Media silahkan diunduh dan dibaca
Video Political Economy of Media silahkan disimak untuk membantu memahami Ekonomi Politik Media Digital
- Pertemuan Ke-4
Materi tentang Konstruksi Realitas dan Teori Komodifikasi silahkan diunduh dan dibaca