IDENTITAS MATA KULIAH
Mata kuliah Strategi Manajemen Komunikasi Digital, Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis merupakan mata kuliah yang ditawarkan pada semester 2 kurikulum 2022 dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini akan banyak mengulas implementasi kegiatan manajemen komunikasi dan permasalahan2nya di organisasi / perusahaaan
PROFIL DAN SEJARAH MATA KULIAH
Strategi Manajemen Komunikasi Digital merupakan mata kuliah yg ditujukan untuk memahami strategi konsep manajemen komunikasi digital dengan pendekatan- pendekatan Teori manajemen komunikasi yang dapat diaplikasikan kepada situasi dan kondisi organisasi saat ini
RELEVANSI (URGENSI) MATA KULIAH
Fokus mata kuliah ini adalah untuk memahami bagaimana membuat strategi kegiatan2 internal dan eksternal organisasi melalui sistem manajemen komunikasi yang sesuai dengan kebijakan perusahaan/ organisasi internal dan eksternal
KAITAN DENGAN MATA KULIAH LAINNYA
Untuk memperkuat pemahaman terhadap MK Strategi Manajemen Komunikasi, terlebih dahulu memahami MK Manajemen , Pengantar dan teori Ilmu Komunikasi, Komunikasi Organisasi , Manajemen SDM dan Manajemen strategi
PETA CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pokok Topik Kursus
- Umum
- PERTEMUAN KE SEMBILAN
KONSEP DESAIN MODEL KOMUNIKASI DIGITAL
1. menentukan desain model komunikasi digital
2. merencanakan pesan komunikasi yg sesuai dengan desain model
- PERTEMUAN KE SEPULUH menganalisis pesan dalam DESAIN MODEL
1. Identifikasi saluran komunikasi digital
2. menentukan saluran yg sesuai dengan kondisi manajemen komunikasi di internal maupun eksternal perusahaan - PERTEMUAN KE SEBELAS menerapkan dan menentukan komunikator dan rancangan pesan komunikasi digital
1. mengidentifikasi komunikator
2. menetapkan fungsi dan peran komunikator