Announcements
Selamat datang di matakuliah Ekonomi Politik Media Digital.
Saya Catur Nugroho, dosen koordinator matakuliah ini.
Ekonomi Politik Media Digital merupakan matakuliah yang memberi dasar
pemahaman dan kemampuan menganalisis kepada mahasiswa tentang media (media
massa dan media baru) dan proses produksi, distribusi dan konsumsi
teks media yang dipahami sebagai proses konstruksi yang merepresentasikan
kepentingan ekonomi
dan politik
media.
Termasuk dalam konteks itu adalah bagaimana kekuatan ekonomi dan kebijakan negara
(politik) mempengaruhi perkembangan industri media dan isi media (media content) di Indonesia maupun di
dunia.
Capaian Pembelajaran Lulusan matakuliah Ekonomi Politik Media Digital adalah :
|
- Mengidentifikasikan keterkaitan dan hubungan saling mempengaruhi antara variabel-variabel ekonomi dan politik media
- Menjelaskan ruang lingkup dan teori ekonomi politik media
- Menunjukkan hubungan antara kekuatan ekonomi dan politik dengan industri dan isi media dalam pendekatan ekonomi politik dan mengaitkannya dengan kasus
- Menyimpulkan
dan mengkritisi hubungan pekerja dan pemilik media dalam konteks ekonomi
politik di lingkup nasional maupun global
Referensi :
- Marx and The Political Economy of Media, Christian Fuchs and Vincent Mosco. Library of Congress Cataloging in Publication Data. 2015.
- Medianomics; Ekonomi Politik Media di Era Digital, Catur Nugroho, Kencana Prenada Media. 2023.
- Social Media A Critical Introduction, Christian Fuchs, Sage Publication. 2014
- The Political Economy of Communication, Vincent Mosco.
Sage Publication. 2009.
-
Reading
Marx in The Information Age, Christian Fuchs. Taylor & Francis. 2016.
(Tidak ada pengumuman yang di post)